Ads (728x90)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang Tengah Melakukan Kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Tampak Menabur Pupuk Organik Pada Lahan Tanaman Padi Masyarakat Di Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman.


PADANGPOS-Wakil Rektor III Universitas Ekasakti Padang Ir. Mahmud. R. Bara, M.Si, mengunjungi mahasiswa  Fakultas Pertanian Unes yang sedang melakukan kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) di Nagari  Lubuk Pandan  Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa itu dilaksanakan selama 3 hari ( 7 sampai 9 Oktober 2016) melibatkan lebih kurang 300 orang mahasiswa baru dan mahasiswa lama Fakultas Pertanian Unes yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat Nagari Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa itu yakni Sosialisasi ke Kelompok Tani / tanam Jagung, pemupukan padi, jangung dan gotongroyong membersihkan pekarangan sekeliling rumah ibadah.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, bagi mahasiswa baru diperkenalkan bagaimana cara menabur pupuk pada tanaman padi, jagung dan tanaman laiinya. Selain itu juga mengajarkan kepada masyarakat yang memiliki lahan dan tanaman terori menaburkan pupuk pada tanaman,  seorang mahasiswa pertanian harus mengerti dan paham tentang pertanian, untuk mencapai tujuan tidak mudah kata Ketut, memerlukan pengorbanan dan perjuangan.

Kemah Bakti Mahasiswa ini untuk membekali mahasiswa beradaptasi dengan masyarakat, dilapangan mereka memperoleh pelajaran dan mempraktekan bagaimana cara menaburkan pupuk pada tanaman seperti padi, janggung dan tanaman lainnya.  

Pembersihan lingkungan rumah ibadah (Surau Ula) dilakukan gotong royong bersama masyarakat, mengingatkan kembali nilai-nilai gotongroyong yang selama ini sudah ditinggalkan masyarakat. Budaya gotongroyong ini harus kita tanamkan kembali dalam kehidupan masyarakat, sehingga nilai-nilai gotongroyong ini tumbuh dan berkembang kembali di tengah masyarakat. Ujar ketut.

Selain itu gotongroyong dapat memperkuat hubungan silaturahmi sesama warga masyarakat,  meningkatkan kesadaran masyarakat dan bisa meringankan beban dari masyarakat itu sendiri seperti bersama-sama mengolah lahan  pertanian, berladang, menanam padi dan sebagainya, tambah Ketut Budaraga.

Menurut Ketua Panitia Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang Leffy Hermalena lokasi KBM itu sangat tepat sekali dijadikan lokasi ,  karena daerah Lubuk Pandan tersebut lengkap pertaniannya seperti tanaman pepaya, coklat, padi, jagung dan perairannya, disana mahasiswa bisa belajar dan praktek sambil melakukan kegiatan KBM.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang setiap tahunnya meningkat, karena keinginannya menjadi Penyuluh Pertanian dan banyak peluang untuk bekerja, mengembangkan produk pertanian serta  menciptakan bahan olahan pangan yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha dan masyarakat. (Ka Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM)

Post a Comment