Ads (728x90)

Dekan Fakultas Teknik Dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang Rizal Abu Tengah menyerahkan Bibit Kepada Wali Nagari Sungai Durian Diwakili Oleh Ketua BPM Kanagarian Sungai Durian disaksikan Camat Dan Mahasiswa KBM.
PADANGPOS-Wakil Rektor III Universitas Ekasakti Padang Ir. Mahmud R Bara, M.Si kunjungi Korong Sijangek Nagari Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman tempat  Mahasiswa Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Kemah Bakti Mahasiswa (KBM).

Mahmud R Bara melihat dari dekat pelaksananan kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7 sampai 9 0ktober 2016 di Jorong Sijangek Kenagarian Sungai Durian,  Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. 

Kehadiran Mahmud R Bara di Jorong Sijangek memotivasi dan menambah semangat mahasiswa melakukan kegiatan gotong royong bersama masyarakat membersihkan jalan, melakukan pengecatan, perbaikan loteng dan memasang instalasi listrik Surau Sijangek. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 Fakultas Teknik & Perencanaan dan mahasiswa lama dibawah koordinator Ketua KBM, Agung Kosgoro.  

Camat Patamuan Kabupaten Padang Pariaman Zaldi Arnes, S.Sos., MM mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KBM Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang atas pengabdiannya di Wilayah Jorong Sijangek. Disamping kegiatan gotong royong, mahasiswa KBM juga memberikan bibit sebanyak 1500 batang terdiri dari pohon mahoni, durian, rambutan, kayu surian dan limau diterima Wali Nagari diwakili Ketua BPM Nagari tersebut.

Camat Patamuan mengharapkan kepada masyarakat penerima bentuan bibit yang diberikan Mahasiswa KBM itu dapat dipelihara dan dikembangkan dengan baik, dan tanaman ini dapat menambah pendapatan masyarakat  petani.

Zaldi Arnes mengharapkan kepada Dekan Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang Risal Abu untuk melakukan kerjasama di bidang akademik, memberikan beasiswa terhadap masyarakatnya yang kurang mampu dan berprestasi, penyuluhan bidang teknik dan pertanian,  serta memberikan ilmu mendirikan bangunan/rumah tahan gempa.  

Masyarakat Jorong Sijangek bersyukur sekali suraunya di pasang instalasi listik, pengecatan dan pembersihan pekarangan, mereka nyaman menunaikan ibadah di surau tersebut, ujar Zaldi Arnes.  Selain Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) yang dilaksanakan di Jorong Sijangek, KKN-PPM Universitas Ekasakti Padang juga diminta untuk ditempatkan di wilayahnya guna mempercepat pembangunan di daerah tersebut. Acara penyerahan bibit penghijauan dihadiri Camat Patamuan, Wali Nagari diwakili Ketua BPM, Bamus Nagari dan KAN Patamuan serta Dekan Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Risal Abu beserta staf.  

Dekan Fakultas Teknik & Perencanaan Universitas Ekasakti Padang Risal Abu menyebutkan gotongroyong ini mempunyai nilai tersendiri untuk memotivasi dan memberi semangat masyarakat dalam rangka menumbuhkan jiwa pemberdayaan masyarakat. Budaya selama ini berkembang ditengah masyarakat perlu dilestarikan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan dalam masyarakat.

Perlu kita sadari bahwa gotongroyong bukan sekedar bekerjasama dalam mengerjakan fisik, tapi juga merupakan semangat kehidupan masyarakat yang mempunyai kekuatan dalam mewujudkan berbagai hal untuk pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pemberdayaan masyarakat  ini perlu kita lestarikan dan pertahankan untuk kesejahteraan maasyarakat. Ujar Risal Abu. (Ka Humas H. SYARIFUDDIN, SE, M.HUM )

Post a Comment