Ads (728x90)

KAGUM dan senanghati ketika bisa  berada di Kawasan objek Wisata Kawah Putih yang terletak diketinggian 2.434 meter  dpl dengan suhu udara sekitar 8-22 derjat celecius yang berjarak sekitar 47 KM dari Kota Bandung.

Berdasarkan informasi, Kawasan Wisata Kawah Putih ini sebelumnya merupakan Gunung Patuha yang meletus pada abad ke-10  yang mempunyai kawah ( crater ) dan mengering. Kemudian, pada abad ke-12I kawah sebelah kirinya meletus dengan membentuk danau yang indah, sehingga memancing rasa ingin tahu parawisata.

Sejak tahun 1991, Perhutani mengembangkan area pergunungan seluas 10 hektare  ini menjadi Wahana Wisata Kawah Putih, wisata lintas alam dan mendaki gunung, begitu catatan yang dipajangkan informasi yang terletak sebelah kanan mau masuk ke lokasi kawah. Bahkan, diingatkan hanya berada sekitar 15 menit diseputaran pinggiran kawah karena bau belerang yang menusuk hidung.

Yang menjadi kekaguman bagi saya, begitu profesionalnya pemerintah  mengelola kawasan wisata alam. Rasa kaum itu karena tak ada calo parkir, tak ditemukan sampah berserakan, tak ada pakuk memakuk masalah makanan, serta malak memalak.

Akses menuju Kawah Putih di Ciwidey ini terbilang mudah, baik menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Ada banyak petunjuk jalan yang akan mengantarkan Anda menuju lokasi Kawah Putih.

Jika Anda dari Jakarta hendak ke Kawah Putih, cukup mengambil jalur tol Cipularang dan keluar lewat pintu tol Kopo. Setelah keluar tol, lanjutkan perjalanan menuju ke Soreang, lalu Ciwidey, dan akhirnya tiba di Kawah Putih. Jika Anda menggunakan angkutan umum, dari terminal Leuwi Panjang tersedia angkot dengan tujuan terminal Ciwidey. Setiba di terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkutan umum yang menuju ke Situ Patenggang, lalu turun di pintu gerbang kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey. (Penulis wartawan padangpos.com)

Post a Comment