Ads (728x90)


PADANGPOS(PADANG)-Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XIV  akan ditabuh pada Sabtu (19 November) ini di Kota Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan didahului dengan prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Pariangan,  Kabupaten Tanah Datar,  Kamis (17/11).

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan langsung api Porprov kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah. Sebelumnya api diambil dari sumber api abadi di nagari yang dinobatkan sebagai kampung terindah di dunia tersebut. Pengambilan api dari sumbernya dilakukan oleh walinagari bersama tokoh adat setempat,  lalu disulutkan di tiga obor yang telah disediakan.

Kemudian api untuk Porprov disulutkan oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dari salah satu obor dan diserahkan kepada Wakil Gubernur,  selanjutnya diserahkan ke Walikota Padang. Oleh Walikota Padang diserahkan kepada Qori Mita Kurnia( pesilat peraih emas pada PON XIX ) selaku atlet pembawa api.

Wagub Nasrul Abit menilai prosesi ini sebagai suatu gambaran semangat sportifitas yang dibangun menjadi tradisi dalam setiap pelaksanaan Porprov di Sumatera Barat.

"Tradisi pengambilan api Porprov memang suatu tradisi yang kita pelihara sebagai suatu simbol keseriusan kita bersama dalam pesta olahraga, " katanya.

Nasrul Abit berharap Porprov XIV di Kota Padang berjalan dengan baik dan melahirkan atlet-atlet terbaik yang akan bertanding pada PON XX di Papua nanti. Karena kemungkinan apilihan atlet akan lebih selektif.  Yang akan dikirim hanya yang terbaik.

"Diharapkan ajang ini menjadi seleksi atlet yang dipersiapkan untuk PON mendatang. Karena dilaksanakan di Papua,  kita mengirim atlet lebih selektif, "sebutnya.

Sementara itu,  Walikota Padang Mahyeldi mengatakan api porprov dari Pariangan akan langsung dibawa ke Padang setelah singgah di Indo Jalito,  Batu Sangkar.  Api porprov nantinya dibawa ke Balaikota dan disambut oleh Wakil Walikota Padang H. Emzalmi. Keesokan lusa (Sabtu,  19/11) petang api akan diarak ke arena pembukaan porprov,  GOR H. Agus Salim.

Menurut Wako Mahyeldi,  api porprov simbol semangat para atlet dalam menghadapi pertandingan. Semangat tersebut harus tetap hidup sehingga mencapai yang terbaik di ajang porprov.
Disamping itu,  selaku tuan rumah Mahyeldi bertekat pelaksanaan porprov ini adalah yang terbaik. Diwujudkan dengan pelayanan yang baik terhadap tamu dan menjunjung tinggi sportifitas.

"Selaku tuan rumah,  kami akan melaksanakan dengan baik. Memberikan pelayanan kepada kontingen.  Para atlet juga agar menjunjung sportifitas, "tukas Mahyeldi. (der)

Post a Comment