Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)-Wakil Walikota Padang, Emzalmi meresmikan Gedung Serbaguna berukuran 10 X 15 meter milik Anak Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji, yang dibangun di kawasan Perumnas Belimbing dengan biaya lebih kurang Rp 1 miliar, swadaya masyarakat.  

Ikut hadir pada kesempatan itu, Camat Kuranji, Rachmadeny Dewi Putri, Ketua LPM Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt Rajo Alam, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX, H Ahmad AS, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX, Evi Yandri Rajo Budiman, mantan camat Kuranji, para lurah se-Kecamatan Kuranji, unsur Forkopimda Kuranji dan para ninik mamak sembilan tapian yang ada di wilayah Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji. 

“Kita patut memberikan apresiasi kepada warga dan anak nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji dengan berdirinya gedung serbaguna ini. Meski tidak disewakan, namun bagi yang ingin memakai gedung ini untuk berbagai kegiatan tetap kita minta partisipasinya. Anggap saja sebagai sumbangan untuk biaya perawatan,” ungkap Emzalmi kepada wartawan usai acara. 


Menurut Emzalmi, keberadaan gedung serbaguna ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat. Seperti untuk kegiatan-kegiatan pertemuan, seminar, diskusi, pelantikan pengurus organisasi dan acara resepsi pernikahan.

 “Agar gedung serbaguna ini nantinya bisa terpelihara dengan baik, perlu dibentuk badan pengelolanya. Silahkan para ninik mamak, kemanakan dan anak nagari berembuk. Nanti koordinasi saja dengan camat atau lurah,” ucap Emzalmi memberikan saran. 

Dalam sambutannya saat meresmikan pemakaian gedung tersebut, Wawako juga menyampaikan sejumlah program pembangunan Kota Padang yang melibatkan wilayah Kecamatan Kuranji. Seperti pembangunan jalur dua By Pass dan rencana pelebaran jalur Siteba-Gurun Laweh-Kalumbuk-Korong Gadang-Kuranji hingga ke Gunung Nago di Kecamatan Pauh. 

Untuk pelebaran jalan dari Siteba ke Gunung Nago dengan panjang mencapai 15 km itu, Pemko Padang telah menyiapkan anggaran puluhan miliar rupiah pada APBD 2017 mendatang. Termasuk untuk biaya ganti rugi tanah dan bangunan serta pengaspalan nantinya. 

 “Setelah saya tanya kepada Dinas PU (Pekerjaan Umum), untuk program pelebaran jalan Siteba-Kuranji-Gunung Nago itu minimal butuh lebar jalan 15 meter. Sementara jalan yang ada saat ini perkiraan saya baru 8 meter. Nah, pertanyaannya mau nggak masyarakat kita membebaskan tanahnya untuk pelebaran jalan tersebut? Kalau mau, Insya Allah tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya,” kata Emzalmi yang juga merupakan putra asli Kalumbuk Kecamatan Kuranji itu menjelaskan. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt Rajo Alam dalam sambutannya juga mengaku bersyukur dengan adanya gedung serbaguna tersebut. Sebab, segala kegiatan pertemuan pemuka adat dan nagari serta berbagai kegiatan masyarakat lainnya bisa dipusatkan di gedung itu. 

“Gedung serbaguna ini milik kita bersama. Untuk itu, mari kita jaga dan kita pelihara secara bersama pula. Kalau perlu, kita jadikan simbol kekompakan masyarakat dan anak nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji,” ujar Irwan Basir seraya memberikan semangat.

 Hal senada juga disampaikan Ketua FKAN Pauh IX, Evi Yandri Rajo Budiman. Menurutnya, pendirian gedung serbaguna ini merupakan inisiatif atau prakarsa dari seorang anak nagari Kuranji yang juga mantan Lurah Kuranji, yakni Kamaryuddin. 

 “Terus terang dan harus kita akui, berdirinya gedung serbaguna ini merupakan inisiatif dari tokoh masyarakat kita yaitu bapak Kamaryuddin. Oleh sebab itu, kita perlu berterimakasih kepada beliau dan sangat pantas mendapatkan penghargaan pada kesempatan ini,” papar Evi Yandri yang disambut applus ratusan hadirin. 

Setelah dilakukan penandatanganan prasasti oleh Wawako Padang, acara peresmian pemakaian gedung serbaguna tersebut diakhiri dengan makan siang bersama. (NOA/BOM)

Post a Comment