Ads (728x90)

Ali Musri bersama Gubernur Irwan Prayitno, Menteri PU Basuki Hadimulyono dan mantan Kadis Prasjaltarkim Sumbar Suprapto.
PADANGPOS.COM (Padang)-Suksesi kepemimpinan KONI Sumbar periode 2017-2021 kian menghangat. Bakal calon ketua umum induk olahraga Sumbar ini mulai bermunculan. Tapi, dari sekian banyak bakal calon yang muncul, sosok H. Ali Musri, ME, Ketua Umum Pengprov Gulat Sumbar yang mantan Kepala Dinas PSDA (Dinas Pengairan-red) Provinsi Sumbar terlama, sepertinya bakal jadi “kuda hitam”.

Banyak pimpinan cabor olahraga Sumbar yang enggan disebutkan namanya ---dengan pertimbangan politis---- menilai, sosok Ali Musri yang sukses pimpin Cabor Gulat itu sangat pantas dan layak jadi Ketua Umum KONI Sumbar ke depan. “Setelah PON Riau, Gulat Sumbar kembali persembahkan mendali emas dengan sandingan mendali perak dan perunggu yang lebih banyak di PON Jabar,” sebut seorang pengamat. “Itu salah satu buah dari keseriusan pak Ali Musri pimpin Cabor Gulat,” tambahnya.
Ali Musri Rutin bermain bulu tangkis bersama Gub Sumbar

Penilaian lainnya, selain urus Cabor Gulat, Ali Musri yang berpengalaman puluhan tahun di birokrasi itu juga ikut membantu urus cabor Getball Sumbar sebagai Wakil Ketua, Bulutangkis Kota Padang sebagai Ketua Umum dan punya klub balap motor Teglek Racing. “Pak Ali Musri yang hobi Bulutangkis dan Balap Motor itu tahu betul kebutuhan atlet dalam meraih prestasi terbaik,” pujinya.

Seorang Birokrat Kantor Gubernur Sumbar yang malang melintang di dunia olahraga juga menyebutkan, sosok Ali Musri harus didorong jadi Ketua Umum KONI Sumbar ke depan. “Selain punya leadership dan pengalaman urus cabor, pak Ali Musri yang akrab disapa “Ayah” itu juga punya kedekatan khusus dengan Gubernur Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim,” ujarnya. “Soal anggaran dari APBD dipastikan aman,” tegasnya.

Begitu juga penilaian seorang pebisnis Sumbar ikut menguatkan dengan menyebutkan, selain bisa menggaet donasi dari para pengusaha Sumbar, Ali Musri juga piawai mengaet dana APBN. “Pengalaman tujuh tahun memimpin Dinas PSDA Sumbar dengan empat gubernur, dan punya hubungan yang sangat baik dengan Menteri PU sekarang, pak Ali Musri diyakini bisa mengaet dana APBN sebanyak-banyaknya untuk persiapan infrastruktur PON 2024 di Sumbar,” tegasnya.

Seorang pengurus cabor yang punya pengaruh di dunia olahraga Sumbar memastikan sosok Ali Musri disenangi banyak pengurus cabor dan KONI daerah. “Sosok low profile, berpengalaman dan bertanggungjawab yang ada pada diri pak Ali Musri diyakini mampu mengangkat prestasi atlet Sumbar di PON Papua 2020 nanti,” sebutnya. “Lagi pula, pak Ali Musri juga bisa jadi pemersatu kubu Selatan dan kubu Utara, termasuk kubu IP-NA dan kubu MKFauzi,” tegasnya. “Selama ini pak Ali Musri akur dengan siapa saja,” tegasnya lagi.

Menjawab tantangan dan peluang jadi Ketua Umum KONI Sumbar periode 2017-2022 ini, Ali Musri yang dikonfirmasi via ponselnya, Jumat malam (2/12) menyambut baik dan menyatakan siap maju. “Alhamdulillah, memang banyak kawan-kawan yang punya hak suara mendorong saya maju jadi Ketua Umum KONI Sumbar, dan saya siap maju,” ujarnya. “Formulir pendaftaran sudah diambilkan dan segera diserahkan kepada panitia Musorlubprov,” tambahnya.

Dikatakan Ali Musri, jika kelak dipercaya jadi Ketua Umum KONI Sumbar, semua pihak yang punya kompetensi dan sama-sama punya niat tulus dan ikhlas memajukan olahraga Sumbar akan dirangkul dan diberdayakan. “Termasuk para guru besar dan pakar olahraga di FIK UNP,” ujarnya. “Kalau aturan membolehkan, kita akan ajak jadi pengurus KONI Sumbar,” tegasnya. “Insya Allah, KONI Sumbar akan dikelola dengan profesiolan, transparan dan akuntabilitas,” tegasnya lagi. “Tantangan ini akan saya jawab dengan keseriusan,” pungkasnya. Aca

Post a Comment