Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (PADANG)-Gubernur Sumatera Barat,Prof. Dr. H. Irwan Praytino, PSi MSc dijadwalkan akan meresmikan pemakaian Masjid Al-Firdaus Kampung Jambak Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang, sekitar pukul 11.00 WIB, Senin, 5 Desember 2016.

Pembangunan masjid yang merupakan bantuan dari World Asembly of Muslim Youth (WAMY/Yayasan Pemuda Muslim Dunia) dari Arab Saudi itu juga akan dihadiri tujuh orang syeikh (donatur yang tergabung dalam WAMY tersebut).

Masing-masing, Syeikh Dayooh Mohammed, Syeikh Alkawaji Ali Mohammed, Syeikh Saied Hamed Alghamdi, Syeikh Bashuaib Shakir Haj, Syeikh Alkenani Ahmed Raseed M, Syeikh Alkhuraimi Turki Saeed Mohammed dan Syeikh Adnan Hamed Alobairi serta dibantu Ustadz Aang Suandi LC, selaku penterjemah bahasa Arab.

“Ya, acara peresmian nanti, selain akan dilakukan bapak Gubernur Sumbar juga akan dihadiri langsung tujuh orang syeikh dari Arab Saudi yang bertindak selaku donatur pembangunan Masjid Al-Firdaus di Kampung Jambak ini,” ungkap Farid Ansyah selaku juru bicara WAMY saat rapat persiapan panitia di masjid setempat, Selasa (29/11) malam.

Menurut Farid, kedatangan tujuh orang syeikh dari Arab itu tidak hanya untuk acara peresmian Masjid Al-Firdaus di Kampung Jambak Lubuk Lintah saja, tapi juga peresmian sejumlah masjid lainnya di tanah air yang mendapatkan bantuan serupa dari WAMY.

“Agenda syeikh itu di Indonesia selama empat hari. Dua hari di Padang-Sumbar (Senin-Selasa) dan dua hari di Jawa Tengah. Selama dua hari di Kota Padang untuk acara peresmian dua masjid dan peletakan batu pertama dua masjid. Termasuk peresmian Masjid Al-Firdaus di Kampung Jambak ini. Setelah itu, beliau terbang ke Kota Solo dan Kabupaten Boyolali untuk kegiatan serupa,” jelas Farid kepada warga Kampung Jambak.

Pada acara peresmian pemakaian Masjid Al-Firdaus di Kampung Jambak Lubuk Lintah nanti, lanjut Farid, akan diadakan pembacaan ikrar surat hibah tanah dari warga dan pembacaan ikrar penyerahan hibah bangunan masjid dari donatur Arab. 

Setelah itu, gubernur bersama para syeikh dari Arab tersebut akan melakukan pembukaan selubung papan nama serta penandatanganan prasasti Masjid Al-Firdaus. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat zhuhur berjamaah dan diakhiri dengan makan bersama.

Sementara itu, Jamril Rajo Perak selaku ninik mamak kepala waris suku Jambak Lubuk Lintah didampingi pengurus Masjid Al-Firdaus, Fahmi S.Sos dan Syamsul Kamal S.Kom menyambut baik rencana peresmian masjid dari pihak WAMY tersebut.

“Atas nama warga, kami mengucapkan terimakasih dan siap menyukseskan acara peresmian pemakaian Masjid Al-Firdaus ini dengan sebaik mungkin. Insya Allah, kami akan kerahkan seluruh warga agar acara yang kita maksud berjalan sukses dan meriah,” ucapnya bersemangat.

Ditambahkannya, seluruh ninik mamak, urang sumando, pemangku adat, alim-ulama dan tokoh masyarakat Kampung Jambak khususnya dan Kecamatan Kuranji pada umumnya akan diundang. Termasuk para pejabat terkait yang ada di Kota Padang maupun di Provinsi Sumbar. (noa/bom)

Post a Comment