Ads (728x90)



PADANGPOS (Padang) – Selaku lembaga pendidikan nonformal dalam memberikan pengajaran membaca Alquran dan keagamaan sejak usia dini, Taman Pendidikan Alquran (TPQ/TQA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) diharapkan mampu memiliki tata cara pengelolaan manajemen yang baik dan profesional.


Menyikapi hal itu, Bagian Kesra Setda Kota Padang menggelar Pelatihan Manajemen TPQ/TQA dan MDT se-Kota Padang yang dipusatkan di Aula LK2S Sumbar selama tiga hari, dimulai Senin (30/1) hingga Rabu (1/2).

Kepala Bagian Kesra, Jamilus menyampaikan Pelatihan Manajemen TPQ/TQA dan MDT se-Kota Padang di tahun 1438/2017 ini lebih difokuskan terhadap peningkatan tata cara pengelolaan manajemen disertai penguatan sumber daya manusia (SDM) bagi para tenaga pengajar. Tak hanya itu, pelatihan tersebut juga sekaligus persiapan terkait akan diterapkannya kurikulum baru untuk TPQ/TQA dan MDT sesuai aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang.

“Jadi, kita mengharapkan betul bagaimana manajemen di seluruh TPQ/TQA dan MDT di kota ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan dikelola tenaga-tenaga yang profesional di bidangnya. Dimana untuk TPQ/TQA kita semuanya berjumlah 945 dan MDT sebanyak 173,” terang Jamilus dalam sambutannya sewaktu mewakili Walikota Padang membuka secara resmi pelatihan tersebut, Senin (30/1).

Kemudian sambung Jamilus, menurut pengamatannya tidak dipungkiri masih banyak terdapat TPQ/TQA dan MDT yang manajemennya belum sesuai harapan. Sehingga melalui pelatihan ini diharapkan pengelolaannya ke depan dapat sesuai dengan aturan yang diharapkan.

“Untuk peserta pelatihan manajemen kali ini diikuti sebanyak 100 orang mewakili pengurus TPQ/TQA dan MDT se-Kota Padang. Adapun untuk narasumber kita menghadirkan beberapa nara sumber yang berkompeten di bidangnya. Diantaranya dari IAIN IB Padang, Kemenag Padang lalu dari Pondok Pesantren Ar-Risalah Padang," terang Jamilus didampingi Kasubag Bintal dan Keagamaan, Zul Asfi Lubis.

Adapun dalam pembukaan Pelatihan Manajemen TPQ/TQA dan MDT se-Kota Padang tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Padang, Japeri, perwakilan tokoh agaman serta pihak terkait lainnya. (David/ Faisal/ Bustam)

Post a Comment