Ads (728x90)

Peletakan Batu Pertama Renovasi Makam Pahlawan Nasional, M. Yamin dan Pembangunan Monumen Perunggu di Talawi Mudiak, Talawi, Sawahlunto.

Renovasi kawasan makam pahlawan H. M. Yamin merupakan upaya Pemko Sawahlunto dalam menghargai Pahlawan Nasional dan membuat nyaman masyarakat datang ke makam ini agar bisa mengenang perjuangan Pahlawan bangsa kita.

Semua generasi penerus bangsa ini harus mau mempelajari, mengenal, dan mengenang kiprah tokoh nasional di masa perjuangan kemerdekaan agar bisa meresapi sulitnya merangkai kepingan komponen bangsa dalam mempersatukan, memerdekakan dan menggapai kedaulatan NKRI. Sehingga kita akan bersungguh-sungguh dalam menjaga persatuan bangsa dan mengisi periode pembangunan ini dengan hal yang bermanfaat.

Dengan itu, akan lahir Muhammad Yamin-Muhammad Yamin yang baru di sini. Bahkan, melahirkan M. Yamin baru saja belum cukup. Kita harus bisa lebih dari M. Yamin.

Selain sebagai aset bangsa, saya juga mengingatkan pentingnya menjaga area pemakaman sebagai salah satu destinasi wisata sejarah guna mengukuhkan citra Sawahlunto sebagai Kota Wisata di Sumbar. Masyarakat di sekitar sini dan para pengunjung, saya mohon agar sama-sama bantu pelihara dan jaga keelokan, keasrian, dan kebersihan tempat ini, serta kenyamanannya juga. Jangan sampai nanti begitu ada pengunjung atau wisatawan, warga sini nakal segalanya dijual mahal, parkir kendaraan selangit, dan lain-lain. Mohon dijaga bersama komplek pemakaman kita ini.

Pembangunan monumen perunggu yang nanti berdiri menjulang setinggi 2,5 meter dan area pemakaman yang dipugar menyeluruh dan dijadikan area pariwisata diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat sekitar. Peresmian seiring dengan haul M. Yamin pada Oktober mendatang. (Penulis Gubernur Sumbar)

Post a Comment