Ads (728x90)

PADANG POS.COM (Padang Pariaman)-Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menghimbau dan sekaligus mengigatkan warganya untuk siaga penuh menyikapi tingginya intensitas hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera Barat, termasuk Kabupaten Padang Pariaman.

"Menyikapi cuaca ekstrim beberapa hari ini, kita telah menghimbau dan memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), seluruh jajaran aparatur terkait di wilayah Kabupaten untuk bersiaga penuh selama 24 jam," kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas dan Protokol, Hendra Aswara di Pendopo Bupati, Pariaman, Sabtu (7/1).

Ali Mukhni memaparkan langkah-langkah penting untuk menjadi perhatian bagi pemangku kepentingan, dunia usaha serta masyarakat. yaitu Meingkatkan kewaspadaan dini dan antisipasi terhadap segala bencana yang diakibatkan musim penghujan. Kemudian, meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar potensi penanggulangan bencana. Terus, menyiapkan dan menyiagakan seluruh personel penanggulangan bencana beserta peralatannya. Selanjutnya, jika terjadi bencana, segera melaporkan dan langsung bergerak sesuai Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Sekda Jonpriadi meminta , agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman selalu aktif dalam menyebar luaskan informasi kepada masyarakat melalui peran aparatur Camat dan Wali Nagari. Selanjutnya, aktif memantau, bersiaga dan melakukan evakuasi dengan cepat, jika ada tanda tanda terjadi bencana.

Padang Pariaman telah membuat 2 (dua) Posko kesiapsiagaan yang berada di Kecamatan Sungai Limau dan Lubuk alung. Juga telah disiapkan diantaranya ; Perahu Karet, Mobil Damkar dan Tim Reaksi Cepat, sebut Sekda.

Ditambahkannya,  menghadapi bencana, pihaknya telah menganggarkan pada Dinas Sosial dan BPBD serta didukung BAZNAS.

Ia mengakui, sejak 3 (tiga) tahun terakhir, bencana banjir sudah jauh berkurang. Hal ini ,telah dilakukan normalisasi sungai,  seperti Batang Mangor, Batang Kalampaian, Batang Tampuniak, Batang Anai, Batang Ulakan" jelas Jonpriadi. ( Saco).**

Post a Comment