Ads (728x90)

BAGI masyarakat Ranah Minang, masakan rendang sudah merupakan kuliner budaya, Maksudnya, setiap orang Minang memeriahkan Hari Raya Idil Fitri, Idhul Adha, perta pernikahan dan kegiatan budaya lainnya, so pasti akan menghidangkan kuliner rendang. 

Begitu juga dengan masyarakat Kabupaten Solok atau Kota Solok yang setiap pesta atau kenduri selalu ditemukan masakan rendang dengan cita rasa tersendiri bila dinikmati, baik secara pribadi maupun dengan keluarga.

Secara ilmiah, kuliner rendang merupakan makanan terlezat di dunia berdasarkan  hasil angket CNN yang telah dipublikasikan. Selain lezat, ternyata rendang  diolah dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya dengan khasiatnya. 

Bagi penggmar rendang cita rasa solok, tak perlu repot-repot mamasaknya yang memerlukan waktu cukup lama dan bisa-bisa sampai 4 jam. Caranya cukup hubungi nomor telepon 081363056757 dan rendang cita rasa solok yang dipesan diantar ke alamat termasuk yang di luar Ranah Minang.  Masalah harga per-1 kg bisa ditanya langsung disaat memesannya. 

Sebagai gambaran, untuk penggemar rendang cira rasa Solok sengaja ditampilkan bumbu dan rempah yang dipergunakan.
1.Bawang utih, 2.Bawang merah, 3.Laos, 4.Jahe,5.Buah palo, 5.Daun jeruk, 6.Daun salam, 7.Datang serai, 8.Daun kunyit dan 10.santan

Bagi masyarakat yang ingin membuatnya sendiri, bisa melakukannya dengan cara menuangkan santan dalam kuali berukuran besar, masukkan pula serai, asam, irisan bawang merah dan daun kunyit, batang serai. Kemudian, aduk-aduk bumbu dengan santan sampai mendidih dan pastikan jika santan yang anda masak tidak menjadi pecah, untuk itu pastikan jika anda terus mengaduk-aduk santan hingga mendidih merata.

Setelah santan mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dan sesekali aduk-aduk selama kurang lebih 20 menit.

Jika anda melihat santan tampak berminyak atau mengeluarkan minyak. Maka silahkan masukkan potongan daging yang telah dibersihkan dan masak dengan menggunakan api sedang hingga santan mengental dan mengering.

Masak hingga daging empuk dan matang merata sambil terus diaduk-aduk agar bagian dasar tidak gosong.

Setelah matang merata, daging sudah empuk dan santan mulai mengering silahkan matikan kompor dan angkat masakan rendang dari kompor. Ambil piring saji dan hidangkan nikmatnya rendang daging khas cita rasa Solok  yang enak dan lezat. Selamat menikmati

Post a Comment