Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)-Idealnya PH air di kolam renang pada angka 7,2 atau 7,6 PPM pada skala kit. Jika nilai PH lebih besar dari 7,6 PPM, maka harus ditambahkan Dry Acid sedikit demi sedikit hingga nilai PH menjadi ideal.

"Setahu ambo PH air kolam renang tak pernah diukur dan ambo sebagai pengawas telah berulang kali memberitahu, tapi saran ambo indak pernah didengar, para pejabat di dispora Padang," kata mantan Pengawas Kolam Renang Teratai, Damsir ketika dihubungi Tabloid Bijak dan Padangpos.com, minggu lalu.

Menurut Damsir, petugas yang memasukan kaporit ja tawas bernama Junaidi dan Zulkifli. "Setahu ambo, keduanya bukan tim ahli yang tahu dengan PH air," katanya.

Kemudian, kata Damsir, yang mengurus masalah membersihkan kolam renang, petugas penjual tiket masuk dan pejabat di Dispora Padang. "Kalau menurut ambo kerja kedua petugas itu main agak-agak se mengenai jumlah takaran obat untuk membersihkan kolam renang, karena keduanya bukan tim ahli," tambah pelatih renang ini. 

Berdasarkan literatur yang ada sama LSM Mamak, pemberian Dry Acid paling banyak dengan dosis 1 kg / 64 m3. "Jika nilai PH lebih kecil dari 7,2 ppm maka tambahkanlah Soda Ash sedikit demi sedikit hingga nilai PH menjadi ideal," kata Wakil Tim Investigasi LSM Mamak, Dany Perinaldi.

Selanjutnya, kata Dany, setelah penambahan Dry Acid atau Soda Ash, air dalam kolam renang di sirkulasikan kembali, setelah 1/2 jam lalu di check lagi PH nya. Jika nilai PH nya belum ideal, tambahkanlah bahan kimia sesuai ketentuan. 

Selain diberikan bahan kimia, berupa obat-obatan atau chemical dan juga pembersihan yang dilakukan dengan cara di vacum untuk menyedot debu-debu dan kuman yang sudah mati atau jatuh ke dasar kolam setelah proses penaburan chemical. Namun, ada kalanya air kolam tiba-tiba mengalami penurunan PH yang berimbas kepada menurunnya kualitas dan tingkat kejernihan air. " Jika itu terjadi, dibutuhkan perhatian ekstra dan teknik-teknik pengobatan serta teknik perawatan untuk mengembalikan kadar PH normal air dan juga membuat hasil akhirnya biru jernih seperti semula," kata mahasiswa pasca sarjana hukum Unand Padang ini.

Sesuai letaratur, kata Dany lagi, umumnya ada beberapa faktor yang membuat kadar PH air menurun, karena biasanya air akan berwarna hijau jika PH terlalu rendah. "Jika air hijau, penanganan awal PH harus di naikkan memakai soda ash, kalau PH dan CL tinggi barulah di beri PAC," ujar anak nagari Pauhlimo ini.

Jika penggunaan PAC tidak berhasil, maka trik pemanfaatan air hujan bisa dilakukan, baik itu hujan alami maupun buatan. Kenapa?  Karena hujan sangat membantu dalam menaikkan kadar PH air. "Simpelnya, apabila hasil setelah penggunaan PAC justru menghasilkan gel nya bergumpal ke permukaan, maka akan sangat baik diatasi dengan bantuan air hujan maupun hujan buatan," kata praktisi hukum ini.

Kepedulian LSM Mamak masalah PH air di Kolam Renang Teratai ini, lanjut Dany, selain karena air disinyalir banyak bhakteri, juga karena air kolam sudah enam tahun tak pernah diganti. "Dampak dari air kurang sehat itu, jelas beresiko pada pengunjung," kata Dany yang juga dapat informasi kalau kolam renang diperguanakan tentara untuk latihan dengan memakai baju dinas lengkap dan disinyalir juga menimbulkan bhakteri dalam kolam.(PRB)

Post a Comment