Ads (728x90)

Acara yang diinisiasi oleh Institut Pertanian Bogor, Himpunan Alumni IPB, dan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang (IPMM) Bogor, ini bertemakan "Manyibak Kilau Pertanian Indonesia Untuak Ranah Minang, bertujuan untuk memberikan infirmasi lebih konkrit tentang IPB kepada seluruh siswa kelas 3 SMA di Sumatera Barat.

Acara yang mengundang perwakilan siswa SMA dan MAN se Kota Padang, Kota Pariaman, Kab. Padang Pariaman, dan Kab. Pesisir Selatan ini sangat positif dalam membuka cakrawala berpikir siswa, dalam proses penentuan jalur pendidikan berikutnya.

Cakrawala berpikir bukan hanya soal menentukan arah menuju cita-cita, tetapi juga bagaimana menempuh perjuangan untuk menggapainya. Karena dengan memasuki fase sebagai mahasiswa, seorang siswa dituntut untuk siap tidak siap, menjadi mandiri.

Saya sering ditanyakan soal beasiswa oleh banyak pihak. Hal ini tentu menjadi harapan semua calon mahasiswa, dan tentu saya juga berharap demikian. Hanya saja, anggaran dari Pemprov tentu tidak bisa memenuhi atau mengakomodir harapan semua pihak.

Dengan status mahasiswa, baik diploma, sarjana, maupun pasca sarjana inilah, kreativitas, kemandirian, dan integritas seseorang harus dikuatkan. Penyedia beasiswa sebenarnya banyak sekali, baik dari yayasan, perusahaan, maupun dari universitas itu sendiri. Kita lah secara individu yang harus mau berusaha untuk mendapatkannya. Karena setiap institusi penyedia beasiswa, pasti punya parameter yang berbeda-beda. Ada yang berdasarkan prestasi, kondisi ekonomi, leadership, dan sebagainya.

Individu yang kalah, bukanlah yang tidak punya "koneksi orang dalam". Tidak ada istilah itu di zaman keterbukaan seperti sekarang. Kalau ada, semua punya hak untuk melapor. Individu yang kalah, adalah individu yang menyerah dalam.berusaha, atau bahkan tidak berusaha mencari solusi atas tantangan yang dihadapi.

Saya meminta semua siswa, para wali, dan para guru menguatkan mental calon mahasiswa ini. Karena, tantangan hidup bagi mereka, baru saja dimulai.
Jadilah seorang pemenang untuk kehidupanmu sendiri !

Post a Comment