Ads (728x90)

PADANG POS.COM (Bukit Tinggi)-Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Satuan Pendidikan Umum sangatlah penting pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan Dasar dan Menengah. 

"Untuk pelaksanaannya menjadi kewenangan Kementerian Agama secara teknis," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat Drs.H.Salman, MM dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Tingkat Sumatera Barat di Bukit Tinggi, Kamis 9 Februari 2017. 

Dijelaskannya,  kebijakan Nasional mengenai pendidikan agama diarahkan peningkatan akses, kualitas dsn relevansi pendidikan menuju tercapai kesejahteraan hidup rakyat, kemandirian,keluhuran budi pekerti dan kemandirian Bangsa yang kuat.

Menurut Kakanwil Kemenag Sumbar, kebijakan melalui sembilan fokus prioritas, diantaranya program peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, ditempuh peningkatan jumlah dan kapaditas guru, penyelenggaraan pendidikan, pemberian bantuan dan fasilitas serta pengembangan kurikulum dan metodologi pembelajaran pendidikan agama dan keagamaan yang efektif sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Untuk Sumatera Barat, sebut Salman, strategi yang dilakukan peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan kependidikan PAI, penyediaan bea siswa, peningkatan wawasan tenaga pendidik, tunjangan profesi dan subsidi tunjangan fungsional bagi guru PAI non-PNS.

Diharapkannya, melalui kegiatan Rakor PAI bertema "Membangun Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Rahmatan Lil 'Alamin Dalam Bingkai NKRI"  "Melahirkan berbagai rekomendasi dan terobosan baru di Sumatera Barat untuk ke depannya," minta Kakanwil Kemenag.

Rakor Pendidikan Agama Islam pada Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sumbar berlangsung dari tanggal 9-11 Februari 2017 dengan peserta sebanyak 100 orang terdiri dari Kasi PAIS/PAKIS/PENDIS, Pengawas PAI, Ketua MGMP PAI SMA/SMK, Ketua MGMP PAI SMP, Ketua KKG-PAI SD, Ketua FKG-PAI TK, dan Pokjawas  PAI Sumatera Barat. (Saco).***

Post a Comment