Ads (728x90)

PADANGPOS(Padang) – Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesra menggelar kegiatan Penguatan Tim Pembina dan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Padang. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 200 peserta selaku Tim Pembina terdiri dari SKB 4 Menteri tingkat kota, Tim Pembina tingkat kecamatan serta Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS di tingkat kecamatan. 

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengatakan, keberadaan UKS memiliki arti penting di sekolah. Baik dalam hal kesadaran lingkungan, pentingnya kesehatan dan pendidikan tentang kesehatan bagi para murid di sekolah.

“Maka itu, sinergi dari Tim Pembina UKS di sekolah harus lebih maksimal. Sehingga terbentuklah karakter, kesadaran dan perilaku yang senantiasa peduli terhadap kesehatan bagi anak-anak di sekolah," ujarnya kepada wartawan usai membuka kegiatan yang dilangsungkan di Aula Kantor Dinsosnaker Sumbar, Rabu (8/2) itu.

Menurut Mahyeldi, kegiatan penguatan kali ini sangat penting bagi Tim Pembina dan Tim Pelaksana UKS ke depan. Sehingga setelah itu diharapkan mampu menanamkan kesadaran serta mendidik peserta didik di sekolah untuk senantiasa menjaga kesehatan dan lingkungan. Diantaranya seperti tidak membuang sampah sembarangan, pengetahuan dalam memberikan bantuan medis serta berbagai pengetahuan kesehatan lainnya.

"UKS merupakan suatu program di sekolah yang sangat strategis, selaku bagian yang sangat mendasar dan bermanfaat bagi kesehatan murid di sekolah. Sehingga, ketika mereka keluar dari jenjang pendidikan nantinya, bagaimana nilai-nilai tentang kesehatan itu tetap terbangun dan terpatri dalam kesehariannya,” imbuh Mahyeldi mengakhiri.

Sementara Kepala Bagian Kesra, Jamilus menyampaikan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan dan penguatan bagi Tim Pembina UKS di tingkat Kota Padang, kecamatan serta kepada Tim Pelaksana UKS di sekolah. Sebagaimana diharapkan program UKS terus berjalan dengan baik dan sukses.

"Karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang menyangkut dengan UKS ini. Seperti pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan lingkungan sekolah bersih,” terangnya.

Adapun sambung Jamilus, sosialisasi dan penguatan ini dilakukan pihaknya tiap tahun dan akan dievaluasi di akhir tahunnya. 

"Alhamdulillah dari hasil evaluasi tahun lalu, program UKS di Padang baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA sederajat mengalami peningkatan. Alhasil, adanya  sekolah yang mewakili Kota Padang dalam penilaian di tingkat provinsi bahkan pusat. Jadi, lancarnya program UKS ini tergantung Tim Pembina dan Tim Pelaksana, maka itu mari kita satukan fikiran dan pendapat agar program UKS ini senantiasa berjalan dengan baik dan sukses,” tukuknya. (David/ Wan/Fsl/LL)

Post a Comment