Ads (728x90)

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Padang Pariaman Hanibal, SE, MM

PADANG POS.COM (Padang Pariaman)-Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Padang Pariaman Hanibal, SE, MM mengatakan, pengelolaan keuangan disertai penataan administrasi yang baik dan lagi profesional akan menentukan terhadap tatacara kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sendiri.

"Tata kelola keuangan yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bersangkutan," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Padang Pariaman Hanibal, SE, MM ketika menjawab pertanyaan PADANG POS.COM, Selasa (14/3), di Komplex Kantor Bupati,  sehubungan pelaksanaan pembinaan Administrasi Keuangan Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Padang Pariaman.

Menurut Hanibal, pembinaan Administrasi Pengelolaan Keuangan Kepala SD dan SMP merupakan suatu tugas dan tanggung jawab. Yang sangat riskan itu mengenai Administrasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Jadi kita dari BKD akan berupaya memberikan bimbingan dan penataan keuangan yang berpedoman kepada Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) Keuangan Daerah" ujar mantan Kepala Tibum itu.

Penataan pengelolaan keuangan Dana BOS itu satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dari pengelolaan Keuangan Daerah. Hal ini, salahsatu upaya rangkaian untuk mempertahankan Padang Pariaman peraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang tahun 2013, 2014 dan 2015 lalu. "Semoga Padang Pariaman tahun 2016 akan dapat mempertahankan WTP kembali. Untuk itu, kepada kesemua Kepala SD dan SMP berserta jajarannya agar dapat mengikuti aturan sebagaimana arahan dan bimbingan teknis yang telah diberikan Tim BKD," harap mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah itu.

Menurutnya,  petunjuk dan bimbingan teknis sudah sejalan dengan harapan pihak Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat yang turun ke Kabupaten Padang Pariaman beberapa bulan lalu. "Makanya, Perbaikan dan Evaluasi kinerja merupakan suatu keharusan dan tanggung jawab kita  bersama " tutur Hanibal mengakhiri. (Saco).

Post a Comment