Ads (728x90)

PADANGPOS (Padang) – Profesionalisme “Karang Taruna” terus dituntut selaku organisasi kepemudaan sesuai peranan dan fungsinya sebagai pelayan pembangunan yang dianggap sangat strategis. 

Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Sosial berupaya meningkatkan kualitasnya seperti melalui pemberian pelatihan manajemen dan pemantapan organisasi infrastruktur sosial tersebut. 

Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Amasrul mengatakan, Karang Taruna baik di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan sangat diharapkan untuk bisa terus meningkat eksisentensinya. Maka itu katanya, pihaknya tahun ini memberikan pelatihan manajemen dan pemantapan bagi Karang Taruna di tingkat kelurahan se-Kota Padang. Dimana rangkaian pelatihannya diadakan bergilir di sebelas kecamatan di tahun ini.

“Melalui pelatihan ini kita harapkan, Karang Taruna yang ada di seluruh kelurahan bisa semakin eksis dan aktif selaku wadah yang bergerak dibidang kesejahteraan sosial,” ujar Amasrul yang juga sebagai nara sumber dalam pelatihan manajemen dan pemantapan  bagi Karang Taruna Aur Mahligai, Kelurahan Tanjuang Aua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) di Balai Pemuda kelurahan setempat, Selasa (7/3/2017).

Ditambahkannya, untuk di Kelurahan Tanjuang Aua Nan XX ia melihat cukup banyak potensi seperti banyak lahan tidur yang bisa digarap. kemudian itu ia menyarankan, berbagai peluang yang  selayaknya dapat dimanfaatkan hendaknya bisa dikembangkan Karang Taruna sebagai ekonomi produktif bagi warga. 

“Kita berharap, berbagai potensi yang ada di kelurahan ini dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif ke depan. Semoga Karang Taruna Aur Mahligai mampu melakukannya,” harapnya.

Kemudian sambung Amasrul, di samping itu melalui pelatihan itu hendaknya juga dapat mencegah perilaku menyimpang masyarakat dan kenakalan remaja yang ada. Baik itu narkoba, anak-anak yang ngelem, tawuran dan hal-hal lainnya yang dapat merusak dan mengganggu ketentraman umum. 

'Jadi, dengan aktifnya Karang Taruna di kecamatan dan kelurahan, kita harapkan sekurang-kurangnya juga mampu memperkecil geraknya," imbuhnya. 

Lurah Tanjuang Aua nan XX Aidil Zulhani mengaku sangat senang dan menyambut positif dilaksanakannya pelatihan manajemen dan pemantapan Karang Taruna di Tanjuang Aua Nan XX. Menurutnya, keberadaan Karang Taruna sangat penting selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam pembangunan dan aksi sosial kemasyarakatan.

“Kita berharap, Karang Taruna Aur Mahligai di Tanjuang Aua Nan XX ini semakin mantap manajemennya. Kemudian juga senantiasa bersinergi dengan unsur pemerintah dan masyarakat,” harap Aidil bersama Ketua LPM Tanjuang Aua Nan XX, Kasman Muin.  

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Lubuk Begalung, Febrinal menyampaikan, setelah ini Karang Taruna Kecamatan Lubeg akan menindaklanjutinya dengan mengadakan rapat kerja yang diikuti Karang Taruna yang ada di kelurahan se-Kecamatan lubeg. 

Dalam pelatihan tersebut hadir sebagai nara sumber Ketua Karang Taruna Kota Padang, Mahdianur Musa serta beberapa tokoh senior di keorganisasian tersebut. (David)

Post a Comment