Ads (728x90)


PADANGPOS (Padang) – Kota Padang, Sumatera Barat melakukan rencana kerja sama dengan Universitas Suzhou, selaku perguruan tinggi ternama di Kota Suzhou, Provinsi Anhui, Republik Rakyat Cina (RRC). Sebagaimana upaya kerja sama tersebut dilakukan Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pendidikan terkait di bidang pendidikan dan pelatihan.
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Dan upaya kerja sama antara Padang-Suzhou katanya, telah mulai dirancang dan dijajaki sejak empat tahun terakhir. Dimana pada 2015 lalu ia telah melakukan kunjungan ke Kota Suzhou. Sementara di 2016, Walikota Suzhou yang melakukan kunjungan balasan ke Kota Padang sekaitan menghadiri Kuliah Umum di Universitas Andalas (Unand).
”Sekarang delegasi dari Universitas Suzhou telah memenuhi undangan Pemko Padang dalam rangka kunjungan lanjutan guna menjajaki kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang dan juga Universitas Andalas. Kerja sama ini didahului oleh Letter of Intent (LoI), semoga nantinya bisa ditindaklanjuti dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) dari kedua belah pihak,” sebut Mahyeldi dalam pertemuan yang dilangsungkan kedua belah pihak di salah satu restoran di Padang, Rabu (29/3/2017) malam kemarin.
Mahyeldi juga menyebutkan, atas nama Pemko Padang berharap hubungan antar dua kota ini (Indonesia-RRC) terus berjalan dengan baik.
"Sehingga kita harapkan tak hanya di bidang pendidikan dan pelatihan saja, namun kalau bisa juga dapat berlangsung di bidang yang lain seperti pariwisata, perdagangan dan lainnya,” imbuhnya.
Sementara itu Wakil Rektor Universitas Suzhou Mr. Liang Qi selaku mewakili rombongan menyebutkan, pihaknya sangat menyatakan keinginan agar terciptanya kerjasama antara dua institusi tersebut dengan memperhatikan asas kesetaraan dan manfaat bagi masing-masing pihak ke depan.
“Kerjasama ini sesuai dengan Undang-undang (UU) dan peraturan yang berlaku bagi kedua negara yakni dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Semoga, hubungan baik ini terus terjalin sehingga saling memberikan dampak positif bagi kedua pihak hingga masa-masa yang akan datang,” kata Liang Qi melalui penerjemahnya Kartono didampingi empat orang rekannya.
Dalam penandatangan LoI tersebut, dilakukan oleh Wakil Rektor Universitas Suzhou Mr. Liang Qi dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius. Momen rencana kerja sama ini disaksikan Walikota Padang beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemko Padang dan rombongan dari delegasi Universitas Suzhou.
Di akhir pertemuan, kedua belah pihak saling menyerahkan cendera mata. Walikota bersama Kepala Dinas Pendidikan dan beberapa pimpinan OPD yang hadir pun juga dihadiahi berbagai jenis oleh-oleh khas dari negeri tirai bambu tersebut. (David / Ady / Z)

Post a Comment