Ads (728x90)

PADANGPOS (Padang) – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo meminta para Camat dan Lurahnya untuk dapat mendukung penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, sebagai salah satu upaya pembentukan generasi muda secara berkelanjutan di setiap kelurahan.

Sebagaimana hal itu ditujukan, sehubungan persiapan pembentukan Gugusdepan (Gudep) Teritorial di setiap kelurahan, plus akan dimasukannya program kepramukaan pada kegiatan Didikan Subuh dan Pesantren Ramadhan secara berjenjang mulai dari masjid/mushala, tingkat kelurahan, kecamatan dan kota.

“Melalui Gerakan Pramuka, kita ingin membangun generasi muda yang berkarakter sekaligus beriman dan bertakwa di kota ini,” ujar Walikota sewaktu membuka kegiatan Orientasi Kepramukaan yang diikuti Camat beserta Lurah se-Kota Padang, di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota, Rabu (12/4).

Walikota mengatakan, Pemerintah Kota Padang sangat mendukung dan menyambut baik adanya pembentukan Gudep Teritorial di setiap kelurahan, serta masuknya program kepramukaan dalam Didikan Subuh dan Pesantren Ramadhan.

“Untuk itu, kepada para Camat dan Lurah diharapkan dapat memahami "Gerakan Pramuka" melalui Orientasi Kepramukaan yang dilaksanakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padang kali ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Wako, dengan adanya Gudep Teritorial di setiap kelurahan diyakini dapat menjadi pangkalan pembinaan karakter bagi generasi muda di setiap kelurahan. Dimana Gudep itu bukan hanya berpangkalan di sekolah saja, tetapi juga dapat dibentuk di masing-masing kelurahan yang dipimpin seorang Lurah selaku Ketua Majelis Pembimbing Kelurahan.

“Kegiatan kepramukaan memang cocok bila disinergikan dengan program-program positif bagi generasi muda. Karena, di samping proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia, namun juga membantu dalam menekan permasalahan seperti penyimpangan dan kenakalan remaja,” tukasnya. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kakan Kemenag Padang Japeri, Ketua Kwarcab beserta seluruh Tim Pelatih, Ketua Kwarran se-Kota Padang. (David/ Fsl/ Nda)

Post a Comment