Ads (728x90)

PADANGPOS – Usai melaksanakan shalat Subuh berjamaah, di Masjid Al-Ihsan Kampung Durian, Kecamatan Padang Timur, Jumat pagi (9/6), Wakil Walikota Padang H. Emzalmi memberikan tausiah seraya memotivasi jamaah pada kesempatan itu. Kehadiran Emzalmi selaku “Urang Sumando” di daerah itu pun sontak membuat kaget dan gembira para jamaah yang jumlahnya hampir sama banyak antara generasi muda dengan orang dewasa tersebut.

Memulai tausiahnya Emzalmi menyampaikan, terkait pentingnya melaksanakan shalat subuh di samping ibadah fardhu juga sebagai pembuka pintu hidayah dan berkah bagi kehidupan manusia.

“Semoga kita semua senantiasa menunaikan shalat subuh secara berjamaah di masjid/mushala. Insyaallah hidup kita berkah sampai akhirat nanti,” sebutnya.

Dikatakannya, adapun dalam menjalani kehidupan di dunia manusia memang harus mengingat hari akhirat selaku hari pertanggungjawaban. Sebagaimana Rasulullah mengatakan ada empat hal yang menjadi perkara penting dan harus diperhatikan. Hadis tersebut berbunyi, "Tidak akan bergeser kedua tumit (kaki) manusia nanti pada hari kiamat, sehingga Allah Swt akan menanyakan tentang empat perkara: yaitu (Pertama) tentang umurnya didalam hal apa ia habiskan. (Kedua) tentang ilmunya apa yang ia perbuat dari ilmu itu (diamalkan atau tidak). (Ketiga) Tentang hartanya, dari mana dia peroleh dan ke mana dia habiskan. (Keempat) tentang tubuhnya, capek / lelahnya untuk hal apa ia berbuat.”

“Oleh karena itu, mari kita perhatikan empat hal ini. Apakah kita sudah mempergunakan dan melaksanakannya untuk hal yang baik atau untuk hal-hal yang dibenci dan dilarang Allah SWT? Tanya Emzalmi seraya menganjurkan semua saling muhasabah diri.

Di samping itu, tambah Wawako, atas nama BNK Padang ia juga menyampaikan informasi bahwa bahaya narkoba mulai mengancam saat ini. Pemerintah pun telah menyatakan perang terhadap barang tersebut. Sehingga jika tidak dicegah sedini mungkin, maka tentu barang haram itu akan bisa membius penggunanya yang dominan kaum anak-anak, remaja hingga orang dewasa itu.

“Melalui kesempatan ini saya mengajak kepada semua pihak mari kita saling bersinergi menyikapinya. Terutama bagi para orang tua, diharapkan dapat membimbing dan mengontrol anak-anaknya. Baik meninjau dengan siapa dan dimana anak kita bergaul lalu melihat perobahan perilakunya. Maka untuk itu, sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan mari kita tanamkan dan tumbuhkembangkan pendidikan agama, nilai budaya dan rasa kepedulian bagi mereka semenjak kecil. Insyaallah mereka akan terbentengi dan tidak mudah tergoda dari berbagai rayuan negatif yang akan menerpa,” tukas Wawako mengakhiri. 

Dalam kesempatan itu juga hadir Ketua GOW Padang Hj. Rosnawati yang ternyata singgah di kampung halamannya sendiri. Kemudian atas nama BNK Padang Emzalmi menyerahkan bantuan sebesar Rp2,5 Juta serta dari Hj Rosnawati sebesar Rp3 Juta untuk pembangunan masjid yang diterima pengurus masjid. Jamaah pun juga terlihat tak sabar saling bercengkarama dan menantikan foto bersama dengan keduanya. (David)

Post a Comment