Ads (728x90)

PADANGPOS (PADANG)-Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terus dilawan semua lini ataupun seluruh unsur masyarakat di Kota Padang. Hal ini demi menjaga dan melindungi masyarakat terutama generasi muda dari bahaya laten narkoba, apalagi Pemerintah Pusat melalui Presiden RI Joko Widodo telah menyatakan perang dan Indonesia saat ini sudah darurat terhadap barang haram tersebut.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Padang melalui bekerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari tahapan sosialisasi, pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba, Penggiat Anti Narkoba sampai pencanangan Kampung Bebas Narkoba pun terus digencarkan di setiap kecamatan beserta kelurahan.

Seperti kali ini, Selasa (12/9) menggandeng Karang Taruna Kota Padang, BNK Padang melakukan sosialisasi sekaligus pembentukan dan pengukuhan ‘Penggiat Anti Narkoba” bagi kalangan organisasi kepemudaan itu. Aksi itu pun juga didukung dengan dilaunchingnya ‘Kampung Bebas Narkoba’ yang digagas Karang Taruna Batuang Sarumpung Kelurahan Batuang Taba Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang oleh Ketua BNK Kota Padang H. Emzalmi.

Emzalmi menyampaikan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak boleh dibiarkan. Maka itu di samping penindakan, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi secara intens termasuk melibatkan semua unsur salah satunya merangkul organisasi kepemudaan. Alhasil, Karang Taruna sebagai organisaso kepemudaan atau vioner bagi kalangan generasi muda telah terlibat dengan menjadi Penggiat Anti Narkoba.
Sehingga dengan itu akan mempelopori berbagai upaya demi menyelamatkan generasi muda dari bahaya laten narkoba.

Emzalmi menyampaikan, Penggiat Anti Narkoba memiliki peran penting dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba di daerah masing-masing.

"Alhamdulillah, untuk Penggiat Anti Narkoba sudah dibentuk di beberapa kecamatan di kota ini. Kali ini di Kecamatan Lubuak Bagaluang dan Insya Allah akan dilakukan di seluruh kecamatan," sebutnya dalam acara yang dilangsungkan di aula kantor Kecamatan Lubuak Bagaluang itu.

Ia melanjutkan, atas nama BNK Kota Padang mengucapkan terima kasih atas dibentukanya Penggiat Anti Narkoba bagi Karang Taruna Kota Padang. Dengan adanya Penggiat Anti Narkoba sangat diharapkan bisa menjadikan generasi muda berkualitas yang terhindar dari narkoba dan berbagai pengaruh negatif lainnya pastinya.

"Silahkan Karang Taruna melakukan program dalam hal ini, kemudian diselaraskan dengan program BNK," imbuh Wakil Walikota Padang itu dihadapan peserta yang terdiri dari anggota Karang Taruna Kota Padang tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan tes urine secara gratis dari pihak kesehatan. Sementara untuk narasumber menghadirkan Ketua MUI Kota Padang Duski Samad, Wakasat Narkoba Polresta Padang AKP Rosita Imelda Ifadi dan pihak kesehatan. Hadir dalam kesempatan itu Camat Lubuak Bagaluang Rozail Akhyari, Ketua Karang Taruna Kota Padang Mahdianur, Ketua Karang Taruna Lubuak Bagaluang Febrinal, Ketua dan Pengurus Karang Taruna se-Kecamatan Lubuak Bagaluang. (David / Nanda / Faisal)

Post a Comment