Ads (728x90)

PADANGPOS (PADANG)-Tepat pada Kamis 21 September 2017 ini, merupakan awal masuknya tahun baru Islam atau 1 Muharram 1439 Hijriah. Detik-detik pergantian tahun baru kalender Islam ini pun selalu dimanfaatkan umat muslim dengan berbagai kegiatan religius demi memantapkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Tak ayal, momen tersebut dijadikan semangat hijrah menuju perbaikan dan kebaikan abadi ke depan. Karena hal ini sesuai peringatan terhadap peristiwa agung proses hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah.

Untuk di Kota Padang, Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang telah mencanangkan kegiatan yang disebut Semarak Muharram 1439 H. Aksi tersebut dimulai dari Tabligh Akbar yang serentak dilakukan di masing-masing kecamatan dengan dipusatkan di salah satu masjid yang ditunjuk.

Seperti di Kecamatan Lubuak Bagaluang, Rabu (20/9) menggelar ‘Tabligh Akbar’ di Masjid Raya Banuaran, kelurahan Banuaran Nan XX. Kegiatan ini dihadiri Wakil Walikota Emzalmi, Camat Rosail Akhyari beserta lurah dan jajaran, Unsur Forkopimpka Lubeg, kepala sekolah, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang dan pemuda se-Kanagarian Nan XX itu.

Wawako menyampaikan, dalam momentum peringatan tahun baru Hijriah, Pemerintah Kota Padang mencanangkan 3 hal bagi masyarakat. Pertama agar mematikan televisi mulai pukul 18.00-21.00 Wib. Dalam waktu tersebut diharapkan bisa mengisi kegiatan yang dimulai shalat Maghrib berjamaah, membaca Alquran, shalat Isya berjamaah dan belajar bagi para pelajar atau pun mahasiswa. Aktifitas ini disebut dengan “Gerakan 1821”.

Selanjutnya yang kedua membaca Alquran lima menit beserta artinya sebelum bekerja atau belajar. Dan ketiga rencana pemakaian tahun Hijriah pada penanggalan surat serta penggunaan kalender Hijriah baik di instansi pemerintah/swasta atau pun di organisasi kemasyarakat.

“Mari kita dukung penuh seluruh program ini demi masyarakat Kota Padang yang lebih baik lagi,” imbuh Emzalmi.
Emzalmi juga berharap, melalui momen 1 Muharram seluruh masyarakat dapat menjadikannya sebagai evaluasi dan introspeksi ke depan. Baik bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat serta dalam menjalani profesi masing-masing.

“Marilah kita Hijrah kembali ke jalan yang lebih baik. Yaitu tentunya dengan senantiasa melakukan perbuatan yang bernilai positif dan ibadah di sisi Allah Swt,” imbaunya mengakhiri.

Dalam Tabligh Akbar tersebut diisi dengan tausiah agama oleh Ustadz H. Yasril, S.Ag. MA yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuak Bagaluang. Kemudian dilanjutkan doa bersama dan shalat Maghrib berjamaah.

Dalam kesempatan itu Camat Rosail juga menyampaikan atas nama jajaran Pemerintah Kecamatan Lubuak Bagaluang bersama masyarakat menyambut tahun baru 1 Muharram 1439 H dengan tema lebih memperkokoh iman dan takwa kepada Allah Swt. Di samping itu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa menatap masa depan yang lebih baik lagi. (David / Nanda)

Post a Comment