Ads (728x90)

BICARA soal kesuksesan, pasti kebanyakan orang berpikir dengan pendidikan yang tinggi ditambah cerdas di sekolah, sudah  dipastikan sukses di  masa depan. NO  belum tentu! Kalau kita berkaca pada sistem pendidikan di Indonesia.

Kalau dikaji secara ilmiah, apa  yang salah ? Yang jelas, sistem pendidikan tak seharusnya memukul rata semua kemampuan anak didik. Misalkan seperti yang tertera di gambar, seumur hidup pun penguin, gajah, ikan dan anjing pasti merasa dirinya yang paling bodoh. Sebab, kemampuan setiap anak berbeda-beda. Manusia itu unik, ketika mereka kerja kerjaannya berbeda-beda.

Bayangkan bagaimana caranya mereka bisa sukses, ketika semuanya dididik sama.
Sekolah tidak mengajarkan hubungan antar manusia, sekolah tidak mengajarkan bagimana cara berbicara yang baik,tidak mengajarkan tentang bagaimana cara berbohong kepada orang lain kapan harus berkata jujur dan kapan harus memahami diri.

Ketika mereka terjun ke kehidupan yang sebenarnya, mereka akan dihadapi oleh hal-hal yang seperti itu.Di sinilah pentingnya softskill ,skill berbicara dengan orang lain atau di hadapan orang banyak  itu sangat penting,skill membangun hubungan dengan orang lain itu paling penting karena segala sesuatu misalnya bisnis atau apapun itu pasti membutuhkan orang lain. Kemampuan ini bisa diasah dan ditingkatkan jika kita berani tampil dimuka umum.

Kuncinya berani salah, berani mengeluarkan pendapat, berani bertanya jika ada hal yang tidak diketahui, mencari teman sebanyak- banyaknya dan mau belajar. Dengan kita sering-sering melakukan hal-hal seperti itu, bisa dipastikan kita akan mudah mencapai kesuksesan. Tetapi yang perlu diingat hardskill dan softskill harus berjalan beriringan, karena keduanya adalah penunjang utama seseorang mencapai kesuksesan.(Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang)

Post a Comment