Ads (728x90)

PADANGPOS (PAINAN)-Sebanyak 58 tim voli pantai putera dan puteri bakal berlaga di Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Peaisir Selatan.

Pertandingan itu merupakan seri ke-II Sirkuit Nasional Voly Pantai Indonesia 2018. Pada turnamen yang berlangsung mulai 26 April-19 Mei itu diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia

"Putera terdiri dari 34 tim. Sedangkan untuk puteri terdiri dari 24 tim," ungkap Asisten I Bidang pemerintahan dan Hukum, Gunawan di Painan, Senin (23/4).

Seri ke-II ini merupakan lanjutan dari seri I yang digelar di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2018.

Saat ini, lanjut Gunawan, pemerintah kabupaten terus melakukan rapat lintas sektor. Rapat bertujuan untuk pematangan, sekaligus persiapan serta suksesnya event nasional tersebut.

Sebab, sejak digelarnya Perhelatan akbar volly pantai tingkat nasional itu, Pessel sudah enam kali didaulat sebagai tuan rumah.

"Ini tentu merupakan penghormatan bagi kita di Pessel. Nah, maka dari itu, kita harus mendukung penuh kegiatan tersebut," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Mawardi Roska menyebutkan event tersebut tidak sekedar kegiatan olahraga semata.

Lebih dari itu, merupakan peluang baik bagi Pessel untuk mempromosikan potensi pariwisata lokal. Sebab, saat ini pemerintah daerah tengah fokus pada pengembangan sektor pariwisata daerah.

Demi suksesnya kegiatan, saat ini pihaknya telah menyiapkan tiga lapangan. Saat ini, panitia tengah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang seperti toilet dan ruang ganti.

Selain itu, juga persiapan tribune, tenda tamu dan ofesial, tim keamanan, fasilitas parkir, tempat kuliner dan lainya. 

"Sekarang persiapannya sudah tinggal finishing. Event ini juga bekerjasama dengan Rumah Pohon," kata dia.

Tak hanya dapat mendongkrak sektor pariwisata. Kegiatan volly pantai secara otomatis juga meningkatkan hunian penginapan, utamanya di sekitar lokasi pertandingan.

Secara terpisah, Ketua KONI Pessel Zul Akhiar menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya, pihaknya akan berupaya menggelar berbagai kejuaran tingkat nasional, maupun lokal di daerah itu.

Menurutnya, tak hanya volly pantai. Akan tetapi, juga cabang-cabang olahraga lain seperti atletik, basket, tenis, badminton, aero sport dan berbagai event lainnya.

"Pasti. Kami pasti mendukung. Apalagi jika itu berkonsep sport and tourisme. Karena sejalan dengan pariwisata," paparnya. (teddy setiawan)

Post a Comment