Ads (728x90)

Teks foto : Pemimpin Kantor Cabang Pembantu BNI Painan, El Sander

PADANG POS (PAINAN)-Bank Negara Indonesia (BNI) pada 2018 menargetkan pencairan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai Rp 22 miliar.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Painan, El Sander menyampaikan target itu mengingat tingginya animo masyarakat dalam mengakses KUR di BNI dalam beberapa tahun terakhir.

"Karena, realisasi pada 2017 jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Bahkan, dari seluruh KCP BNI Cabang Padang, KCP Painan yang paling tinggi," ungkap dia di Painan, Senin (30/4).

Menurutnya, tingginya target reisasi tahun ini tak lepas dari salah satu peran BNI sebagai bank milik pemerintah untuk membangun daerah.

Dengan tingginya realisasi, lanjut dia, secara otomatis dapat meningkatkan daya saing dunia usaha dan daya beli masyarakat. 

Apalagi, potensi dunia usaha di negeri berjuluk 'sejuta pesona' itu sangat terbuka. Sementara sebarannya pun cukup luas hingga ke pelosok daerah.

Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) konsumsi termasuk penopang utama perekonomian daerah dari sisi permintaan.

"Nah, ini yang kita dorong melalui KUR. Jika ekonomi tumbuh, tentu daya beli masyarakat juga semakin tinggi," sebut dia.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perbankan itu menawarkan bunga KUR yang sesuai dengan besaran yang telah ditetapkan pemerintah, yakni tujuh persen.

Selain itu, bank pelat merah tersebut juga menawarkan pinjaman KUR hingga Rp500 juta. Dengan demikian, ekspansi usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi lebih cepat.

Guna mencapai target pencairan, ulas dia, pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui berbagai kegiatan pada pelaku usaha yang ada di Pessel.

Selain iti, melakukan penetrasi langsung pada masyarakat. Artinya, melakukan pendekatan langsung pada calon nasabah.

"Tak hanya itu, BNI juga memberikan konsultasi pada nasabah tentang bagaimana cara mengelola usaha. Ini biar kredit mereka tidak mecet," terang dia.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengungkapkan, BNI tahun ini telah merencanakan pembukaan Kantor Cabang Pembanth (KCP) yang baru di Kecamatan Basa IV Balai Tapan.

Pembukaan kantor cabang itu, menurut dia tak hanya sekedae melebarkan sayap bisnis BNI semata. Lebih dari itu, memberikan kemudahan layanan perbankan di daerah ujung Pesisir Selatan.

"Tantu juga tak lepas dari upaya BNI sebagai bagian dari bank milik negara dalam menunjang perekonomian Pessel ke depannya. Kami berharap tahun ini terealisasi. (teddy setiawan)

Post a Comment