Ads (728x90)

Teks foto : Kasat Narkoba Polres Pessel, AKP. Indra Sonedi ketika sosialisasi narkoba di SMKN I Painan.

PADANGPOS (PAINAN)-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memastikan pada 2018 bakal membangun gedung Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

Sekretaris Daerah (Sekda) Erizon mengungkapkan kepastian pembangunan itu setelah adanya persetujuan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Nanti dananya dari Kemenpan. Untuk sementara, BNNK nantinya berkantor di bekas kantor Bank Nagari," ungkapnya pada bijakonline usai membuka acara sosialisasi anti narkoba di SMKN 1 Painan, Senin (24/4).

Selain Sekda, kegiatan sosialisasi juga dihadiri Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang-Pol) Pesisir Selatan, Rinaldi.

Kepala SMKN 1 Painan, Evy Fitriani, Kepala Satuan (Kasat) Narkoba, AKP. Indra Sonedi, praktisi anti narkoba Pesisir Selatan dan 75 orang siswa SMKN 1 Painan.

Saat ini, lanjut Sekda, pemerintah kabupaten telah menyiapkan lahan seluas 1.500 meter persegi di Rawang Kenagarian Painan Utara untuk pembangunan gedung BNNK.

Bahkan, pembangunan ditarget rampung pada tahun ini. Saat ini, kata Sekda, embrio BNNK Pesisir Selatan telah ada, dengan diketuai wakil bupati.

"Kami (pemerintah daerah) telah rapat dengan Kemenpan-RB soal ini. Mudah-mudahan rampung tahun ini," terang Sekda.

Sementara, Kabag Kesbangpol, Rinaldi membenarkan adanya pembangunan gedung BNNK Pesisir Selatan. 

Menurutnya, pada 2018 Kemenpan-RB bakal membangun 32 gedung BNNK. Di Sumater Barat, selain Pesisir Selatan juga ada di Kabupaten Agam.

Dengan telah berdirinya BNNK di daerah ini, diharapkan bisa menjadi sarana rehabilitasi bagi para pengguna dan pecandu narkoba.

Untuk sementara, rehabilitasi bakal dilalukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) anti narkoba.

"Saya yakin, ini efektif untuk meminimalisir penyalahgunaan dan ketergantungan para pecandu terhadap narkoba," tutup dia. (teddy setiawan)

Post a Comment