Ads (728x90)

TABLOID BIJAK (Mentawai)--Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dampingi anggota 5 BPK RI Isma Yatun, melakukan kunjungan kerja, di Pei Pei, Rabu, 18 April 2018.

"Kedatangan saya adalah untuk suferfisi tim BPK RI yang sedang mengadakan pemeriksaan pengeloan keuangan daerah pemerintah daerah Kabupaten Mentawai," ujar Isma Yatun.

Menurut Isma Yatun, sebenarnya di Mentawai ini sudah ada tim yang sedang melakukan pemeriksaan. "Untuk itu saya suferfisi dan sekaligus untuk melihat perkembangan dari Kabupaten Mentawai dan kami dari BPK RI berkeinginan Kabupaten Mentawai mengalami kemajuan, baik itu dari segi infrastruktur maupun dari segi pembangunan SDM, karena diharapkan dengan adanya SDM yang mempuni dan memadai itu bisa membangkitkan ekonomi di Kabupaten Mentawai," ujar Isma Yatun.

Isma Yatun berharap ada infrastruktur SDM, karena dari struktur kabupaten yang terdiri dari beberapa pulau ini pasti ada ketertinggalan dalam pembinaan SDM nya. "Tapi, saya mendapat informasi dari bupati bahwa dipulau siberut ada salah satu SMK Pariwisata yang tujuan nantinya untuk menunjang karena yang utama dari Kabupaten Mentawai adalah pariwisata surving dan berharap untuk kedepanya menjadi tujuan wisata nombor satu dari seluruh penikmat surving mengadakan kegiatan terutama di Kabupaten Mentawai," katanya. 

Isma Yatun pun  berharap dengan kegiatan surving yang mendunia ini bisa membangkitkan ekonomi daerah mentawai. Disini ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sedang digiatkan oleh Wakil Gubernur yang diperintah oleh menkomaritim supaya KEK bisa membuka keterbatasan dari Kabupaten Mentawai.

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya KEK menjadi pemicu daripada pesatnya kegiatan ekonomi. "Saya lihat sudah ada jalan dan pelabuhan, dan ini merupakan titik awal dari KEK," Isma Yatun.

Selama ini Kabupaten Mentawai belum WTP. "Kami berharap dengan kedatangan kami itu ada semangat untuk bupati untuk mendapatkan opini WTP, karena dari pengelolaan keuangan yang baik dan mendapat opini WTP, dan itu pasti dapat insentif, dan insentif itu berupa DID dan dari kementerian keuangan dan itu bisa menambah pendapatan daerah," katanya.

Selain itu, Nasrul Abit menyampaikan hari ini merupakan kunjungan ibuk Isma Yatun dan besok menkokemaritim. "KEK ini habis menkomaritim pak gubernur akan presentasi di menteri pariwisata, setelah menteri pariwisata ke dewan KEK, setelah itu kemenko ekonomi, dan mudah-mudahan keluar Perpresnya, kalau Perpres tahun ini selesai berarti anggaranya sudah jelas dan 2019 bisa dimulai," Harapan Nasrul Abit.

Selain itu, Bupati Mentawai Yudas menyampaikan, langkah-langkah untuk mendapatkan WTP yaitu dengan usaha, pemeriksa-pemeriksa sebelumnya kita selalu dibimbing. "Bayangkan 5 tahun lalu kita tidak dapat dikarenakan karena kita belum maksimal berusahanya dan mudah-mudahan kedepan maksimal," ujar Yudas.

Post a Comment