Ads (728x90)

Teks foto : Terlihat sejumlah warga dan aparat Kepolisian tengah memberi batas dan garis polisi di sekitar goa temuan.

PADANG POS (PAINAN)-Ketika tengah mengikis dinding Bukit Ransam Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, operator excavator pelebaran jalan Painan-Kambang dikejutkan dengan tersingkapnya sebuah lobang besar.

Bak mulut goa. Sontak, penemuan itu dengan seketika menjadi tontonan warga. 

Tak hanya bagi mereka yang melintas. Akan tetapi, ada juga sengaja melihat penemuan lobang besar di lambung bukit itu.

Bahkan, Bupati Hendrajoi pun langsung melihat ke lokasi. Tak sekedar melihat. Guna menjawab rasa keingintahuannta, ia langsung mencoba masuk ke mulut lobang.

Menurut seorang warga setempat, Iyos (36), mengungkapkan, penemuan itu diperkirakan sekitar pukul 16.00 WIB. "Ya, memang. Yang pasti sangat dalam," ungkapnya di Painan, Senin (7/5).

Bukan itu saja. Menurut dia, lobang yang mirip dengan goa tersebut diperkirakan memiliki banyak rongga dan cabang lorong.

Perkiraan itu diperkirakan setelah dirinya dan beberapa pekerja yang ada mencoba untuk masuk ke dalam hingga sejauh lebih kurang enam meter.

Namun ia dan rombingan tidak melanjutkan penelusuran. Khawatir, jika tiba-tiba terjadi longsor dan sampai menimbun mulut goa.

"Selain itu, kami pun takut adanya ancaman binatang yang bisa membahayakan keselamatan jiwa," tuturnya.

Sebagian dari warga menilai lobang itu memang mulut goa. Kendati demikian, tidak bentukan alam seperti banyak goa lainnya. 

Lobang itu dinilai sebagai bekas galian manusia pada saat masa penjajahan Belanda atau Jepang. 

Sebab, tak jauh dari lokasi tersebut (kawasan Pantai Maman) juga terdapat seperti lobang yang sama. 

Saat ini, Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan telah memberi garis Polisi si sekitar lokasi. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan pasti secara ilmiah terkait lobang tersebut. (teddy setiawan)

Post a Comment