Ads (728x90)

Bupati Hendrajoni ketika memberikan keterangan saat safari Ramadhan di Masjid Raya Painan, Minggu (28/5)

PADANG POS (PAINAN)---Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berjanji bakal membenahi sistem draenase kota tahun ini.

Bupati Hendrajoni mengungkapkan, tahun ini akan ada perawatan dan pembangunan sejumlah titik draenase di sejumlah titik di Kecamatan IV Jurai.

"Karena Painan merupakan pusat Ibu Kota Pesisir Selatan. Jadi, harus bebas banjir," ungkap bupati saat Safari Ramadhan di Masjid Raya Painan, Minggu (28/5).

Seperti diberitakan berbagai media, pada Minggu 27 Mei 2018, sejumlah titik di Kota Painan digenangi banjir akibat tingginya intensitas hujan sejak 26 Mei 2018.

Selain derasnya curah hujan, kondisi diperparah dengan sistem draenase yang sudah tidak berfungsi dengan maksimal. 

Sebab, sebagian draenase yang sudah mengalami sedimentasi penyumbatan. Kemudian, daya dukung dan daya tampungnya sudah tidak sesuai lagi dengan kepadatan penduduk.

Adapun sejumlah titik di Kota Painan yang rentan didera banjir antara lain Jalan Kamang, Jalan Sultan Agung dan Jalan Pemuda. 

Selain itu, juga sebagian kawasan Rawang, sejumlah titik di Kenagarian Painan Timur dan sebagian wilayah di Kenagarian Painan Selatan. 

Untuk tahun ini, lanjut bupati, sejumlah titik drainase yang bakal diperbaiki adalah dreanase Rawang dan Bunga Pasang.

Kemudian, draenase pusat Kota Painan Timur dan Sago-Painan. Bahkan, ia mengaku telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) untuk segera membenahi draenase.

"Dengan adanya perbaikan draenase, tentu kita harapkan tidak adalagi banjir di Kota Painan. Meski curaj hujan cukup tinggi, kalau draenasenya bagus, tidak akan banjir," tegas bupati.

Pada kesempatan safari Ramadhan itu, Bupati Hendrajoni juga menyerahkan bantuan pada Masjid Raya Painan senilai Rp7,5 juta. 

Selain bupati, Ketua TP-PKK, Lisda Rawdha Hendrajoni juga menyerahkan bantuan pribadi uang tunai sebesar Rp3 juta pada anak-anak yatim.

Tak hanya itu, bupati juga berjanji bakal menambah biaya pembangunan Masjid paling tua di Kota Painan itu hingga Rp25 juta.

"Nanti silahkan Bapak pengurua masjid untuk segera membuat proposal dan rincian kebutuhan biayanya. Kita bakal akomodir pada APBD perubahan," sebutnya. 

Sementara, Walinagari Painan Timur, Hendra Ardison Chandra menyampaikan rasa terima kasihnya pada pemerintah daerah.

Menurutnya, renovasi draenase memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

"Ini tentu sudah kewajiban kami bersama-sama masyarakat untuk menjagangan," tutup dia. (teddy setiawan)

Post a Comment