Ads (728x90)

Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putera

PADANG POS (PAINAN)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) meminta adanya peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah itu.

Ketua DPRD, Dedi Rahmanto Putera, menilai hingga kini pelayanan publik di negeri berjuluk 'sejuta pesona" itu belum maksimal. Sebab, masih banyak keluhan dari masyarakat.

"Saya sendiri pernah merasakannya. Itu pengalamannya di RSUD M. Zein. Jadi, memang perlu diperbaiki," ungkapnya di Painan, Kamis (16/5).

Menurutnya, pelayanan publik yang harus diperbaiki itu adalah pelayanan administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Hingga kini, lanjut dia, masih terlihat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) antrean panjang warga yang hendak mengurus administrasi kependudukannya. 

Padahal, administrasi kependudukan merupakan hak dasar masyarakat sebagai warga negara yang harus dipenuhi. 

"Ini di Pessel masih butuh biaya tinggi bagi warga yang mengurusnya. Layanan yang ada saat ini kami nilai tidak efektif," tuturnya.

Selain asminduk, buruknya pelayanan publik juga terlihat di sektor kesehatan. Keluhan paling banyak terjadi dari pelayanan Rumah Sakit Umum M. Zein Painan.

Bahkan, politisi Partai Golkar itu secara pribadi dia mengaku pernah mengalami buruknya pelayanan medis di RSUD tersebut. 

Kondisi serupa, juga terjadi pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Painan. Menurutnya, pelayanan jaminan sosial di Pessel ini tidak efektif.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan rapat dengar pendapat dengan seluruh instansi pelayanan publik di daerah ini.

"Bakan, dulu BPJS itu pernah kami undang rapat. Dalam rapat itu mereka kami minta untuk buka unit layanan di beberapa kecamatan. Mereka menyanggupi. Tapi realisasinya belum ada sampai sekarang," tutupnya. (teddy setiawan)

Post a Comment