Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)--Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan pertemuan dan sekaligus rapat dengan pengusaha Tous Travel untuk membahas masalah dunia parawisata Sumatera Barat, di ruang rapat Bagonjong, Selasa, 5 Mei 2018.

"Hari ini sekitar jam 14.00 WIB di Kementerian Pariwisata, Wagub Nasrul Abit bersama Kepala Dinas Pariwisata melakukan rapat dengan penerbangan Air Asia dan rapat tersebut sedang membicarakan beberapa alternatif," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Menurut gubernur, sebetulnya pesawat  Air Asia ingin memulai jadwal penerbangan ke Sumatera Barat, tapi ada pertimbangan lain, salah satu pertimbangannya masalah bulan dan memang diakui bulannya memang belum pas.  "Tadi juga disebutkan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Tour Travel (ASITA) Sumbar, Ian Hanafiah yang berkominikasi dengan pihak travel agent di Singapore untuk bulan Februari, Maret, April dan Mei mereka belum berani memutuskan untuk pergi berjalan ke SUmatera Barat," katanya.

Setelah itu baru sampai Desember dan Januari orang Singapore baru berjalan. "Kondisi ini memang merupakan salah satu pertimbangan, dan bagi kita tidak apa-apa, karena otoritasnya di Air Asia, tapi kondisi ini akan kita  evaluasi," kata gubernur.

Kemudian kata Irwan Prayitno lagi, evaluasi kedua memang langsung tiap hari karena orang berwisata itu yang umum hari Jumat, Sabtu dan Minggu, karena sebelumnya pun juga rame, kecuali Air Asia dari Malaysia itu sehari dua kali bahkan sampai tiga kali tergantung marketnya, ketika lagi rame akan ditambah.

Lebih lanjutnya Irwan Prayitno menyebutkan, Orang Malaysia pun sudah banyak ke Indonesia dan begitu sebaliknya orang Indonesia sudah banyak juga ke Malaysia, orang kesana semata-mata untuk berwisata juga. "Bahkan, mereka pulang kampung, belanja dan lainya, sehingga mengakibatkan dari segi jumlah penumpang memang tidak sesuai target dan kita pun sedang persiapan," ujar dewan syuro PKS ini, sembari menambahkan, sekarang kita lagi rapat untuk tahun depan, yang tahun ini yang kita kerjakan adalah hasil rencana tahun lalu.

Gubernur Sumbar juga memaklumi kondisi Air Asia."Namun kita berharap agar Air Asia belum menutup rutenya ke Sumbar. "Kalaupun boleh minta silahkan hari Jumat, Sabtu dan Minggu buka, jadi hari weekend saja, dan mudah-mudahan bisa kita genjot," ujar Irwan Prayitno.

Mudah-mudahan rapat dengan kementerian dapat jalan keluar, dan untuk hari ini tidak hanya untuk Singapore. "Pertama untuk fantrip, frantip adalah menawarkan kepada bloger-bloger, jurnalis-jurnalis kemudian juga pihak travel agent dan lainya untuk datang ke kita, kita fasilitasi tiket pesawat, hotel dan lainya, untuk kita bawa kedestinasi yang nanti harapanya mereka mempublikasikan," ujar Irwan Prayitno, sembari menambahan, untuk itu kita minta dukungan dari hotel untuk murah, dan kamaren dari Korea masih kita yang bantu. (fardianto).

Post a Comment