Ads (728x90)

Kasat Lantas Polres Pessel, AKP. Naomi Yulian Saragih didampingi Kanit Dikyasa, Riky memberikan santunan pada warga kurang mampu di Painan, Jumat (26/5).

PADANG POS (PAINAN)-Kepolisian Resor Pesisir Selatan (Pessel) mengungkapkan angka kecelekaan di daerah itu tercatat tertinggi kedua setelah Kota Padang.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas, AKP. Naomi Yulian Saragih, menyampaikan tingginya angka kecelakaan sebagian besar dipicu rendahnya kesadaran berlalu lintas.

"Secara keseluruhan di 2017 angkanya mencapai 265 orang. Untuk tahun ini kami memang belum rekap angkanya," ungkap dia saat buka bersama di Mako Lantas Polres Pessel, Painan, Jumat (26/5).

Acara buka bersama kegiatan rutin yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Pessel. Kegiatan itu merupakan upaya menjalin silatirahmi antara Satuan Lalu Lintas dengan masyarakat sekitar.

Apalagi, Satuan Lalu Lintas merupakan beranda Kepolisian. Sebab, dalam tugas kesehariannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kegiatan buka bersama juha diikuti puluhan anak-anak panti asuhan. Selain itu, juga komunitas ojeg binaan Satuan Lalu Lintas Polres Pessel.

Selain menjalin silaturahmi, lanjut lulusan Akpol 2012 itu, buka bersama sekaligus memberikan pemahaman dan sosialisasi pada masyarakat terkait keselamatan dan tertib berlalu lintas.

Apalagi, sebagian besar dari korban kecelakaan lalu lintas di negeri berjuluk 'sejuta pesona' itu adalah para pelajar. Bahkan, masih di bawah umur.

"Jadi, pada dasarnya kecelakaan lalu lintas itu diawali dari pelanggaran lalu lintas itu sendiri. Makanya, saya minta pada semua yang hadir, untuk turut menyosialisasikannya di lingkungan masinh-masing," tuturnya.

Selain tingginya angka kecelakaan lalu lintas, fenomena lain yang terjadi di daerah ini adalah tingginya tunggakkan pajak kenderaan bermotor.

Hal itu telah dikeluhkan pemerintah daerah. Padahal, pajak yang dibayarkan merupakan salah satu penopang kegiatan pembangunan.

Untuk itu, pihak Satuan Lalu Lintas Polres Pessel kini telah bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melakukan razia gabungan.

"Tahun ini saja sudah dua kali kami lakukan. Sebenarnya ini bukan tugas kami," jelas mantan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Talang, Kota Solok itu. 

Karenanya, pada kesempatan itu ia meminta pada pengguna kenderaan bermotor untuk taat membayar pajak, sesuai yang telah ditetapkan. 

Kemudian, tingkatkan kesadaran belalu lintas, demi keselamatan bersama. "Pokoknya, keselamatan nomor satu," tutup Kasat. (teddy setiawan)

Post a Comment