Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)--Nevi Zuairina membuka acara Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di Kantor Gubernur Sumbar, Jumat, 11 Mei 2018.

Nevi Zuairina menyampaikan kegunaan makan ikan berbagai macam, dan intinya menjadikan masyarakat sehat, cerdas dan kuat.

"Pada tanggal 23 Juli hari anak nasional, kita akan bekerjasama Forikan dengan dinas perikanan, acara pecah Rekor Muri makan ikan untuk anak-anak usia dini," ujar Nevi Zuairina, sembari menambahkan, kita harapkan kepada forikan Kabupaten Kota supaya kita gemar makan ikan ini tidak hanya di usia lanjut tapi sejak usia dini.

Selain itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Yosmeri menyampaikan, tahun ini pihaknya modifikasi lomba antar nagari, dan ternyata berdampak positif;"Awal acara kami mulai 24,5 kg per kapita konsumsi ikan Sumbar dan sekarang sudah 38,2 kg per kapita konsumsi ikan kita, ini artinya dampak forum ini luar biasa," ujar Yosmeri.

Kemudian kata Yosmeri, di bazar juga terlihat jenis produk perikanan tumbuh pesat, ada lele asap, nuget, dan lainya, artinya ada peningkatan UMKM. "Ada 113 jenis produk hasil perikanan yang kami hasilkan, awalnya hanya 16 jenis," ujar Yosmeri.

Lomba ini lebih banyak, lomba masak ikan, lomba inovasi ada 16, lomba jingle 16 kab/kota. Jadi ini lengkap. Semoga ini memberikan bentuk partisipasi bahwa gebyar konsumsi ikan bla bla. "Produk kita tak hanya dijual di Sumatera Barat, seperti abon tuna sudah masuk ke jakarta pabrik industri roti, ritel modern, dan lainya, itu 200 kg per minggu dalam bentuk curah dikirim ke industri roti di Jakarta, jadi untuk menjadi tambahan pelezat roti seperti berger," ujar Yosmeri.

Selanjutnya kegiatan gemarikan tahun 2018 diantaranya lomba forikan tingkat nagari / kelurahan se-Sumatera Barat, lompa implementasi gemarikan pada kurikulum paud tingkat Provinsi Sumatera Barat, lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat (menu keluarga, menu balita, menu kudapan).

Selanjutnya, lomba inovasi masakan perbahan baku ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat (menu keluarga dan kudapan), lomba jingle gemarikan tingkat Provinsi Sumatera Barat, bazar produk olahan perikanan se-Sumatera Barat. (fardianto)

Post a Comment