Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Riset dan inovasi semakin penting dalam situasi sosial yang penuh disrupsi di era sekarang ini, terutama dengan dorongan Revolusi Industri 4.0. Era sekarang ini civitas akademika UNP mesti berpacu menyiapkan pembelajaran berbagai model, baik tatap muka maupun online learning.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD ketika berpidato di upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 dilingkungan UNP di Lapangan Sepakbola FIK UNP, Rabu (2/5). Kegiatan upacara itu dihadiri civitas akademika 8 fakultas selingkungan UNP.

Peringatan itu dihadiri Para Wakil Rektor UNP, Ketua dan sekretaris Senat UNP, pimpinan fakultas, para kepala biro selingkungan UNP.

Upacara Hardiknas di UNP Tahun 2018, juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi.

Adapun mahasiswa berprestasi yang diapresiasi pada peringatan Hardiknas 2018 itu untuk program sarjana Mahasiswa Beprestasi 1, 2 dan 3 adaalah, Dinni Ramayani (PGSD), Hery Sutama (Bahasa dan Sastra Inggris) dan Rohadatul Aysi (Pendidikan Matematika). 

Untuk mahasiswa berprestasi harapan 1 sampai 5 adalah, Adam Permana (Pendidikan teknik Informatika dan Komputer), M Arizal (Pendidikan Ekonomi), Andini Dwi Hendriak (PKK), Roni Suryadi (Pendidikan Geografi) dan Mike Okta Milia (Pendidikan Kepelatihan Olahraga).

Untuk Kategori Mahasiswa Beprestasi Program Diploma, bepretasi 1, 2 dan 3 adalah Elza Melvita Effendi (Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Celin Framesti (Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan dan Haby Yuriko (Teknik Mesin). Masing-masing mahasiswa yang berprestasi diapresiasi dengan berupa piagam dan uang tunai.


Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan bagi UNP, tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional kita melalui pengembangan sumber daya manusia. Sselain pendidikan non-formal dan informal, peranan pendidikan tinggi sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal sejak sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, amatlah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Mengapa demikian? Karena di dalam pendidikan tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan manusia Indonesia dan dunia.
Dewasa ini, kita menyaksikan negara-negara di dunia semakin berupaya keras dalam memajukan pendidikan tingginya, tidak hanya dalam sistem pembelajaran, namun juga dalam lingkup riset, teknologi, dan inovasi. Hal itu antara lain terlihat dari publikasi ilmiah internasional di mana setiap negara mengandalkan perguruan tingginya masing-masing untuk melakukan riset dan mempublikasikannya di jurnal-jurnal ilmiah internasional bereputasi. Bagi mereka, keberadaan riset amat penting dalam menyokong kesejahteraan masyarakatnya, begitu juga dengan civitas dan akademika UNP yang berupaya keras mewujudkan visi dan misinya yakni menjadi universitas unggul di Asia Tenggara," katanya.

Perguruan tinggi, dalam hal ini UNP sebagai pelaksana amanah pendidikan tinggi harus lebih sensitif terhadap segala perubahan yang terjadi di masyarakat. UNP haruslah peka terhadap tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, karena dengan kepekaan itulah UNP dapat secara cepat memberikan rekomendasi serta solusi untuk menjawab segala permasalahan.

"Menghadapi era Revolusi Industrui 4.0 yang penuh dengan turbulensi ini, UNP mesti menuju internasionalisasi pendidikan tinggi. Globalisasi menjadi sesuatu yang mutlak terjadi.
Artinya, peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia pun harus ditinggikan. Para dosen, mahasiswa, maupun lulusan yang dicetak oleh UNP dituntut untuk dapat beradaptasi dalam menghadapi segala bentuk perubahan," kata Prof Ganefri yang menyerahkan langsung penghargaan kepada mahasiswa berprestasi.

Untuk mewujudkan salah satu universitas unggul di Asia Tenggara itu, Prof Ganefri mengajak semua civitas akademika UNP bergandengan tangan demi kejayaan Tanah Air dalam semangat Hardiknas. "Saya ucapakan terimakasih untuk semua pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, penggiat dan pencinta dunia pendidikan selamat Hardiknas Tahun 2018," imbuh Rektor UNP itu. (Agusmardi/Humas UNP)

Post a Comment