Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)--- Wakil Presiden Jusuf Kalla selain  wirausahawan, politikus dan pegiat sosial selaku "Rang Sumando" atau menantu urang Minang selalu memberikan kepedulian yang tinggi untuk kemajuan kewirausahaan mahasiswa di Sumatera Barat. Untuk itu para Rektor Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Sumbar sepakat memberikan penghargaan kepada Jusuf Kalla, dengan Bapak Kewirausahaan.

"Kami berharap Bapak Jusuf Kalla berkenan menerima penghargaan dari Rektor PTN/PTS karena Bapak JK fokus  dalam menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa," kata Rektor UNP Prof Ganefri saat mengakhiri sambutanya pada peresmian program pendampingan kewirusahaan mahasiswa PTN/PTS oleh Wapres JK, Rabu (2/5) siang di Auditorium UNP.

Seperti diketahui, kata Ganefri Perguruan Tinggi yang ada di Sumbar telah mulai dengan program-program yang berkaitan dengan kewirausahaan yang diawali oleh Universitas Andalas pada tahun 2007 dengan menghadirkan setiap minggu Wirausahawan Sukses dan diikuti oleh Perguruan Negeri lainnya dan swasta yang ada di Sumbar.

"Melihat sejarah tumbuhnya program kewirausahaan pada PT di Sumbar tidak bisa dipisahkan peran Bapak Jusuf Kalla. Ketika pertemuan saudagar Minang Pertama tahun 2007, yang di gagas oleh  Pak JK, Bang Fahmi, Pak Abdul Latif, Pak Is Anwar dll, yang dilaksanakan oleh Bapak Firdaus HB. Ketika Itu, Pak JK mempertanyakan kenapa Pengusaha Minang semakin berkurang," ujar Ganefri mengulas kilas balik pendidikan membangun semangat kewirausahaan dikalangan masyarakat Minang.

Ganefri dan Rektor PTN/PTS lainnya juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan beberapa BUMN seperti BRI, Bank Nagari, BNI, BTN dan PT Semen Padang untuk program pendampingan kewirausahaan Mahasiswa Tahun 2018.

JK usai dianugerakan sebagai Bapak Kewirausahaan menyampaikan jika peluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin kecil, tidak boleh tidak lulusan perguruan tinggi mesti siap bekerja di sektor swasta atau menjadi berwirausaha atau pengusaha.

"Belajar menjadi pengusaha sama seperti belajar berenang, yang penting berani untuk memulai dan mengambil resiko. Sama seperti belajar berenang, terjun saja dulu, pasti bisa berenang," ujarnya.

Jusuf Kalla dihadapan 2.500 mahasiswa mengapresiasi PTN/PTS di Sumbar yang telah memulai menciptakan wirausahawan andal untuk kemajuan ekonomi dimasa mendatang.

Usai pidatonya, JK direncanakan mengunjungi 50 stand usaha milik mahasiswa yang memamerkan usaha mereka di Auditorium UNP, namun secara spontan JK kembali naik podium untuk meminta  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimujono, memprioritas Rumah Susun untuk pengembangan Kampus UNP, yang diaplaus hadirin.

Wapres JK meninggalkan podium terus menuju stand usaha milik mahasiswa untuk melakukan motivasi kepada kalangan mahasiswa wirausaha, bersama dengan, Gubernur Sumbar, Rektor UNP dan Rektor PTN/PTS lainya.Usai acara di Universitas Negeri Padang, Wapres dan rombongan kembali ke Jakarta. (Humas UNP)

Post a Comment