Ads (728x90)

Teks foto: Kepala BPS Pesisir Selatan, Nurul Andriana

PADANG POS (PAINAN)---Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah sepanjang triwulan II 2018 lebih tinggi dari triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Kabupaten Pesisir Selatan (BPS), Nurul Andriana, menyebutkan pertumbuhan itu terjadi dikarenakan adanya pembayaran THR dan gaji ke 13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

"Ini tentu juga bakal mempengaruhi pertumbuhan ekonomi provinsi dan nasional," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Padangpos.com di Painan, Sabtu (9/6).

Selain pembayaran THR dan bagi ASN, TNI dan Polri, juga tingginya putaran uang di daerah dari para perantau yan mudik lebaran.

Selain itu, lanjut dia, Pessel dan Ranah Minang pada umumnya banyak para perantau yang pulang kampung pada saat musim libur lebaran.

Hal itu merupakan salah satu potensi yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi, Pessel adalah salah satu daerah tujuan wisata.

"Destinasi wisata di sini sudah sangat terkenal. Apalagi KWBT Mandeh sudah menjadi destinasi nasional. Putaran uangnya tentu sangat tinggi," sebut dia.

Ia berharap, pemerintah daerah dan para stakeholder daerah lainnya dapat memanfaatkan potensi itu, utamanya para perantau guna mencapai target yang diharapkan.

Dihubungi secara terpisah, Bupati Hendraoni menyampaikan, Sepanjang 2016, pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan mencapai 5,3 persen. 

Angka itu sedikit di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi yang hanya 5,26 persen. Bahkan, lebih tinggi dari pertumbuhan secara nasional, 5,2 persen.

"Capaian iti tentu tak lepas dari kerja keras semua pihak. Saya sangat apresiasi soal itu. Baru kali ini pertumbuhan kita di atas provinsi dan nasional," ungkapnya.

Sepanjang 2018, pemerintah daerah mematok pertumbuhan ekonomi mencapai enam persen. Untuk itu, saat ini pihaknya fokus pada pembangunan infrastruktur.

Selain itu, juga fokus pada pembenahan sektor pariwisata. Sebab, potensi sektor wisata negeri berjuluk 'sejuta pesona' itu sangat menggiurkan.

"Upaya yang kami lakukan setidaknya sudah membuahkan hasil. Itu terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka pengangguran juga menurun," tutup bupati. (teddy setiawan)

Post a Comment