Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)---Sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit  ternyata tak hanya hobi olehraga sepakbola, tetapi juga ikut menjagokan Kesebelasan Portugal di Piala Dunia 2018.

"Saya memilih Portugal karena pada saat bermain kemaren, saya lihat permainan timnya sangat taktis sekali, kemudian di tim nasional Portugal ada Ronaldo, yang mampu membuat hatrick 3 gol ke gawang Sepanyol,"  kata  Nasrul Abit setelah makan siang di Lapau Nasi Mak Apuak Pasia Jambak, Kamis 21 Juni, 2018.

Kemudian, kata Nasrul Abit, saat ini Timnas Portugal termasuk salah satu yang terkuat di dunia, dengan pemain-pemain semacam Ricardo Carvalho, Cristiano Ronaldo, dan Nani. "Prestasi terbaik Tim Portugal adalah menjuarai Piala Eropa 2016 dan meraih tempat ke-4 di Piala Dunia FIFA 2006 lalu.

Dilihat dari sejarah, Timnas Portugal berdiri 1914 lalu dan berstatus sebagai juara Euro 2016."Saya lihat  Portugal tampil di Piala Dunia dengan kepercayaan diri tinggi. Penampilan Portugal dalam fase kualifikasi grup juga cukup memuaskan. Mereka berhasil menjadi juara Grup B kualifikasi Zona Eropa meski hanya unggul selisih gol dari Swiss dengan 27 poin dari 20 pertandingan," kata mantan Bupati Pessel ini.

Sejarah Portugal di Piala Dunia memang tidak sebaik tim-tim Sejauh ini, dari 20 perhelatan Piala Dunia, Portugal hanya enam kali berhasil menembus babak final. Prestasi terbaik Portugal di Piala Dunia berhasil diraih pada tahun 1966. Kala itu untuk pertama kalinya Portugal lolos ke babak final sekaligus mengamankan posisi ketiga.

Meski demikian, kiprah Portugal di Piala Dunia 2014 lalu tidak berjalan baik. Di fase grup, Portugal dibantai 0-4 oleh Jerman - yang juga sukses menjadi juara di tanah Brasil. Portugal bahkan gagal mengalahkan Amerika Serikat dan membuat langkah mereka terhenti di fase grup.

Gagal meraih target di Piala Dunia 2014, Portugal lantas melakukan perubahan penting di babak kualifikasi Euro 2016. Federasi Portugal menunjuk Fernando Santos untuk menggantikan Paulo Bento yang dinilai kurang memuaskan. Santos pun terbukti berhasil membawa Portugal menjadi juara Euro 2016 dan berperan besar pada pembentukan tim yang tampil di Piala Dunia 2018 kali ini.

Jalan Portugal menuju Piala Dunia 2018 Rusia bisa dibilang cukup mulus. Meski sempat dikejutkan oleh Swiss pada pertandingan pertama, Portugal melaju mulus di sembilan laga berikutnya dengan terus meraih kemenangan. Mereka pun berhasil menjadi juara grup karena unggul selisih gol dari Swiss.

Pemain bintang Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa baik bagi Portugal maupun Real Madrid dan sudah menyabet banyak penghargaan individu lainnya. Ronaldo pun berperan besar membantu Portugal menjadi juara Euro 2016 meski tidak bermain penuh di final karena cedera.

Selanjutnya, Jadwal Pertandingan di Piala Dunia 2018, Grup B, Portugal vs Spanyol (16 Juni 18), Portugal vs Maroko (20 Juni 2018), Iran vs Portugal (26 Juni 2018). (fardi)

Post a Comment