Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)---Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, menghadiri seminar nasional dengan thema Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Abad 21, di Auditorium UNP, Senin, 2 Juli 2018.

"Pendidikan karakter pada abad 21 merupakan proses pemberdayaan potensi peserta didik, di samping proses humanisasi, dan proses pembudayaan," kata Prof Genefri. 

Menurut Ganefri, pembelajaran pendidikan melalui pembelajaran penanaman nilai, berbasis perkembangan penalaran moral, analisis nilai dan Project Citizen, efektif digunakan untuk membantu peserta didik mengembangkan Potensi menjadi warga negara yang baik.

"Pendekatan keteladanan berbasis kelas, kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler, kultur kelembagaan dan kultur akademik berbasis komunitas, dan dukungan kebijakan pendidikan yang relavan dapat membantu peserta didik mengidentifikasi masalah-masalah sosial," ujar Ganefri.

Kemudian, kata Ganefri lagi, pendidikan karakter pada abad 21 tidak bisa dilepaskan dari program pendidikan pada umumnya serta makna pendidikan itu sendiri. "Landasan pendidikan nasional indonesia sesungguhnya adalah pembentukan karakter kehidupan berbangsa," tegasnya.

Selanjutnya Ganefri menambahkan, demikian pula dengan berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman jelas menunjukkan bahwa jiwa atau roh pendidikan nasional itu sesungguhnya pembentukan karakter atau kepribadian bangsa Indonesia yang bersumber dari nilai-nilai agama, nilai-nilai Luhur kebudayaan nasional, dan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam pertumbuhan dan perkembangan zaman. (ferdi)

Post a Comment