Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang) -- Penutupan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018, di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat, 6 Juli 2018.

"Dari hasil OSN 2018 yang diselenggarakan di Kota Padang ini, dengan harapan kedepannya setiap daerah harus meningkatkan kualitas pendidikan anak didik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy 

Menurut mendikbud, pendidikan sains sangat penting sekali bagi kemajuan negara, dan saat ini pemerintah terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan terhadap anak didik.

Lebih lanjutnya, namun begitu untuk insfrastruktur pendidikan di Indonesia masih jauh berada dari negara lain. 

"Kita sudah merancang strategi, tinggal bagaimana praktek dilapangan supaya bisa terjadi pemerataan pendidikan disetiap daerah, kalau untuk pendidikan semunya sudah merata tinggal lagi bagaimana pemerataan kualitas anak didik," ujar Muhadjir Effendy sembari menambahkan hasil OSN saat ini juga tidak bisa jadi ukuran pemerataan pendidikan di Indonesia saat ini.

Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 dengan perolehan 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu.

Sedangkan, peringkat kedua, dengan perolehan 13 mendali emas, 18 medali perak, 26 mendali perunggu, diraih oleh Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, peringkat ketiga, dengan perolehan 11 mendali emas, 14 medali perak, 11 mendali perunggu, diraih oleh Provinsi Banten.

Selain itu, Provinsi Sumatera Barat peringkat ke-9 dengan perolehan 1 mendali emas oleh Muhammad Farhan Syauhaqi dari tingkat SMA dibidang Kebumian.

Sedangkan untuk medali perak mendapatkan 4 mendali yaitu 2 perak tingkat SMA bidang Geografi oleh Muhammad Faqih Alghifari dan Irfan Azhar, 1 Perak tingkat SMA bidang Kebumian oleh Muhammad Yahya Ayyasy, dan 1 Perak tingkat SMA Bidang Astronomi oleh Muhammad Farhan.

Selanjutnya, mendapat 7 mendali perunggu, 1 Perunggu tingkat SMA Bidang Geografi oleh Akbar Anwar Syahrul, 1 Perunggu tingkat SMA Bidang Biologi oleh Muhammad Taufik Hidayat, 2 Perunggu SMA Bidang Fisika oleh Muhammad Agil Ghifari dan Muhammad Irsyad Zaffarsyah, 2 Perunggu tingkat SMP Bidang IPS oleh Achel Ahmadsyah Suherman dan Zepri Ramadhan, dan 1 Perunggi tingkat SD Bidang Matematika oleh Nauf Adrian Marsha. (fradi

Post a Comment