Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Universitas Negeri Padang, tumbuh menjadi universitas yang aktiv menghadapi perubahan teknologi informasi yang begitu cepat karena sikap Rektor, Prof Ganefri yang ingin UNP berkemajuan dierah kepemimpinannya.

Rektor UNP, Prof Ganefri memperlihatkan langkah nyatanya, dalam waktu dekat ini UNP akan membuka  Program studi Animasi, yang merupakan bagian dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV).

"Setelah adanya Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) UNP dengan Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar, kedepan satu program studi yakni Prodi Animasi akan dibuka di UNP," ujar Rektor UNP, Prof Ganefri usai memberikan sambutan pada Sosialisasi Pembayaran Remunerasi Kinerja di lingkungan UNP yang dirangkai dengan Penandatangan Mou dengan Balai Diklat Industri Denpasar di Audiatorium UNP, Kamis, 28 Juni 2018 lalu. .

Dalam kesempatan itu, Prof Ganefri menjelaskan prodi baru itu bakal dibagi menjadi dua keahlian kompetensi animasi, yaitu di bidang film animasi dan animasi game (animasi interaktif).

"Di prodi Animasi mahasiswa akan memperlajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Lebih lengkapnya, disini mahasiswa akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat story board, dan menulis skenarionya.

Selain itu, dikatakannya, mahasis berkemampuan membuat tampilan visualnya, juga harus mengolah audionya dengan memberikan sound effects dan mengisi suara karakter-karakternya. Setelah karya film animasi atau animasi game mu telah siap, mahasiswa juga akan belajar bagaimana memadarkan dan mendistribusi hasil karyanya pada khalayak.

Sementara dalam acara sosialisasi, Wakil Rektor 2 UNP, Syahril PhD memaparkan berbagai hal soal peningkatan kesejahteraan dosen civitas akademika UNP dan memberikan ruang tanya jawab.

Sebelumnya Drs Paryono, MM, Kepala BDI Denpasar diberikan kesempatan untuk menceritakan kondisi di mana industri membutuhkan banyak tenaga kerja, namun belum banyak sumber daya manusia yang keterampilannya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri.

"Kedepan BDI Denpasar akan memberikan kesempatan kepada Civitas Akademika UNP untuk mengikuti pelatihan guna membangun SDM Industri yang berkompeten dan berdaya saing, sesuai dengan fokus kami BDI Denpasar Bali ini adalah pusat belajarnya animasi tentu UNP kami dukung untuk membuka Prodi Animasi dimasa mendatang," ujar Paryono. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment