Ads (728x90)

BIJAK ONLINE (Padang)---Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, pengukuhan pengurus dan musyawarah kerja forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Sumatera Barat dengan tema selamatkan Sumatera Barat dengan pengelolaan DAS terpadudan berkelanjutan, di Pangeran Beach, Rabu, 18 Juli 2018.

Nasrul Abit menyampaikan tugas dari DAS adalah menjaga kelestarian alam dan penyediaan air di Sumatera Barat, bagaiman menjaga kelestarian alam tentu dengan tidak merusak hutan.

Sumatera Barat memiliki 606 sungai yang terbagi dalam 389 DAS, sehingga kaya akan sumber daya air dan memiliki kawasan hutan yang masih baik di daerah hulu.

"Tidak salah kalau kita mengatakan Sumatera Barat adalah Provinsi konservasi yang harus terus dijaga kelestarianya," ujar mantan Bupati Pessel dua periode itu.

Nasrul Abit menyampaikan kepengurusan forum DAS ini merupakan periode kedua, kepengurusan forum DAS inilah yang diharapkan nantinya akan mengembangkan perananya dalam mendukung pengelolaan DAS berkelanjutan.

Nasrul Abit berharap personil terpilih yang diserahi amanah yang besar dalam rangka mensinergikan para pihak dalam pengelolaan DAS ini, benar-benar dapat hendaknya mencurahkan pemikiran, kerja keras dan kesungguhan, berkontribusi dalam penyelesaian konflik-konflik yang terjadi dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam DAS, memberikan solusi dan inovasi yang cerdas demi suksesnya pengelolaan DAS di Sumatera Barat.

Nasrul Abit juga menyampaikan pengelolaan DAS terpadu dan berkelanjutan, perlu diwujudkan dan terus dilakukan di Sumatera Barat, agar sumber daya alam dalam DAS semakin memberikan dampak besar untuk pertumbuhan ekonomi yang tentunya akan menyediakan lapangan kerja yang besar tanpa merusak lingkungan hidup.

Lanjut Nasrul Abit, tentunya dalam mencapai tujuan tersebut tidak cukup hanya dengan semangat dan komitmen saja tanpa diikuti dengan perbaikan tata kelola di berbagai pihak.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan agar forum DAS yang anggotanya terdiri dari berbagai pihak, dapat mendorong para anggotanya untuk melakukan perbaikan tata kelola di pemerintahan, di pelaku usaha, dan di lembaga swadaya masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan dari kehadiran forum DAS untuk mencapai tujuan pembangunan DAS yang diharapkan," ujar Nasrul Abit. (fardi)

Post a Comment