Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Pesisir Selatan)---Semangat berkurban jamaah Mushalla Nur Iman Simpang Pulau Puduang Padang Laban, Nagari Pasie Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan terus meningkat. Sebelumnya 4 ekor, kurban tahun 2018 ini meningkat menjadi 6 ekor sapi. Hebatnya lagi, setiap tahun selalu diberikan 1 ekor untuk jamaah masjid tetangganya.

"Alhamdulillah, Idul Adha 1439 Hijriah atau tahun 2018 ini meningkat menjadi 6 ekor sapi, dan seperti tahun lalu, 1 ekor kembali kami berikan untuk jamaah masjid Darul Taufiq Pulau Puduang, tetangga kami," sebut Idris Syukri, Penasehat Mushalla Nur Iman di mushalla tersebut, Rabu siang (22/8-2018).

Dikatakan Idris, jamaah mushalla Nur Iman yang diketuai Isul dengan sekretaris merangkap bendahara, H. Kaharuddin itu setiap tahun menabung untuk biaya kurban. "Dengan sistem menabung, berkurban terasa lebih ringan," ujarnya. "Dan, dari tahun ke tahun pesertanya terus meningkat," tambahnya.

Ditambahkan Idris, prosesi berkurban jamaah mushalla Nur Iman disempurnakan dengan acara doa bersama. Sembari kaum bapak menyiapkan pembagian daging kurban, kaum ibu memasak sebagian daging untuk doa bersama. Kaum ibu juga membawa nasi dan menu lainnya dari rumah.

"Doa bersama ini sudah tradisi guna meningkatkan silaturahmi sesama jamaah," jelas Idris Syukri. "Semoga kurban kami diterima Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda," harapnya. "Melalui kesempatan ini kami mengajak perantau untuk ikut berkurban di kampung halaman," pungkasnya.

46 Ekor Sapi di Pasie Pelangai

Ditempat terpisah, Walinagari Pasie Pelangai, Alwisman mengapresiasi semangat berkurban masyarakatnya. "Alhamdulillah jumlah kurban di Nagari Pasie Pelangai terus meningkat," ujarnya di masjid Darul Taufik Pulau Puduang. "Tahun ini 46 ekor sapi," jelasnya.

Dijelaskannya, kurban di Masjid Nurul Iman Kayu Sebatang 8 ekor sapi, Masjid Taqwa Labuhan 10 ekor sapi, Masjid Lailatul Qadar Kilo Sabaleh 6 ekor sapi, Masjid Jamiatul Ikhsan Bandar Baru Padang Laban 7 ekor sapi, Masjid Darul Taufiq Pulau Puduang 2 ekor sapi, dan Masjid Baiturahman Pasie Pelangai 4 ekor sapi. 

"Di mushalla Nur Iman Simpang Pulau Puduang 6 ekor sapi, dan di Mushalla Muhajirin Simpang Pasie Pelangai 3 ekor sapi," rinci Walinagari yang akrab disapa pak Naman itu. enye

Post a Comment