Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (PADANG)--- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP) merampungkan kerjasama dengan Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Matematika, Universiti Pendidikan Sultas Idris (FSM UPSI), Malaysia beberapa waktu lalu. Dengan demikian, FMIPA UNP berkesempatan menyelenggarakan The 2018 International Conference on Research and Learning of Physics dan Seminar Nasional Riset dan Pembelajaran Fisika V atau (ICRLP 2018 & SNRPF V), 9-10 Agustus 2018 di UNP.

"ICRLP 2018 dan SNRPF V merupakan wadah meningkatkan mutu publikasi di bidang riset dan pembelajaran fisika di Indonesia, Tema seminar adalah Innovative research and creative learning of physics for improving a competitive and dignified nation," ujar Dekan FMIPA, Prof Dr Lutfi, MS didampingi Ketua Pelaksana, DR Ahmad Fauzi, M.Si usai rapat panitia, Senin (6/8).

Pada kesempatan itu, Dekan FMIPA, Prof Lutfi mengatakan untuk sukses penyelenggaraan konferensi internasional dan seminar penelitian dan pembelajaran fisika itu, pihaknya menugaskan Jurusan Fisika, Program Magister (S2) Pendidikan Fisika dan Program Magister (S2).

Lutfi menjelaskan, penyelenggaraan konferensi ini menunjukkan, FMIPA UNP eksis di mata dunia, selain untuk mentransfer ilmu dengan peneliti dari negara lain. “Konferensi ini penting untuk meningkatkan ranking peneliti Indonesia di mata dunia," katanya

Sementara Ketua Pelaksana, Dr Ahmad Fauzi mengatakan, dengan mengadakan konfrensi semacam ini, maka terbuka kesempatan luas bagi peneliti dalam dan luar negeri untuk memperkenalkan hasil penelitian mereka. 

"semua artikel yang dipresentasikan pada ICRLP 2018 akan dipublikasikan pada Journal of Physics: Conference Series (JPCS) yang terindeks oleh Scopus dari penerbit IOP Publishing. Artikel-artikel terpilih akan diusulkan untuk diterbitkan pada Jurnal Internasional Bereputasi atau Jurnal Nasional Terakreditasi," ujar Ahmad Fauzi.

Menyoal jumlah target peserta, Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya telah membuka kesempatan seluas-luasnya kepada kolega, akademisi, peneliti, professional, praktisi, pengamat, guru dan mahasiswa agar dapat berpartisiasi dengan mengirim hasil-hasil penelitian dalam bidang fisika dan pembelajaran fisika serta topik-topik lain yang relevan ke ICRLP 2018 & SNRPF V. Artikel-artikel tersebut dapat didaftarkan ke http://icrlp.fmipa.unp.ac.id/, dengan batas akhir pengiriman abstrak adalah tanggal 20 Mei 2018 lalu. (Humas UNP/Agusmardi

Post a Comment