Ads (728x90)

PADAGPOS.COM (Pesisir Selatan)---Semangat dan kinerja Drs. Iskandar Sampono Batuah, Kepala Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan Ranah Pesisir, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan patut dicontoh. Meski hari libur, yang bersangkutan tetap bekerja memastikan pemilih pemula punya KTP supaya bisa memilih di Pemilu 2019 nanti.

Sabtu (25/8-2018), Iskandar turun ke sekolah-sekolah untuk berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk perekaman data pemilih pemula di sekolah tersebut. Sekolah yang didatanginya adalah SMAN 2 Ranah Pesisir dan SMKN 1 Ranah Pesisir.

Poto kegiatan turun ke bawah ini diapludnya di akun fesbuk pribadinya, dan ditambahkannya keterangan kegiatan, yaitu "Tiada hari tanpa pendataan penduduk sekarang UKL Ranah Pesisir sedang berada di SMAN 2 RANAH PESISIR dan di SMKN 1 RANAH PESISIR Dalam rangka berkoordinasi dengan Kepala Sekolah yang bersangkutan menyangkut perekaman terhadap pemilih pemula menyonsong pemilu 2019..#dukcapil ok #dukcapil bisa #pesselmaju #GISA".

"Kita memastikan pemilih pemula bisa ikut memilih di Pemilu 2019 nanti," ujar Iskandar dalam sebuah diskusi dengan media ini beberapa waktu lalu via ponselnya. "Kita akan melakukan perekaman data, dan nanti mereka (siswa-red) akan beri KTP dan atau KTP sementara," tambahnya.

Iskandar menjelaskan bahwa UKL yang dipimpinnya juga me yisir rumah-rumah masyarakat untuk memastikan mereka memiliki KTP dan KK. "Kita  juga jemput bola ke rumah-rumah masyarakat," ujarnya.

Ke depan, lanjut Rang Kampai itu, UKL akan dibantu oleh kepala-kepala kampung di nagari sebagai Petugas Registrasi Kampung, yaitu perpanjangan tangan UKL di nagari. "Kedepan, Petugas Registrasi Kampung inilah yang akan mendata dan membantu penguruskan masyarakat yang memiliki KTP, KK dan admindukcapil lainnya," tegas Iskandar.

"Tanggal 4 September nanti kita akan mengadakan sosialisasi tentang keberadaan UKL dan pemlibatan kepala kampung sebagai Petugas Registrasi Kampung," sebut Iskandar lagi. "Seluruh kepala kampung di kecamatan Ranah Pesisir diundang, termasuk walinangarinya," tambahnya.

"Ini program pak Bupati (Hendrajoni-red) yang harus kita dukung penuh, karena sangat membantu masyarakat yang sebelumnya harus berurusan ke Painan," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Bupati Hendrajoni membuat kebijakan mendekatkan pelayanan admindukcapil ke masyarakat. Setiap kecamatam didirikan UKL, dan UKL dibantu kepala kampung sebagai Petugas Registrasi Kampung. Kini masyarakat sudah bisa urus KTP, KK, Akta Kelahiran dan lainnya di kecamatan dan nagari, bahkan pelayanan UKL sampai ke pintu rumah masyarakat. Enye

Post a Comment