Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Ketika hari ketiga, Senin (17/9) Wisuda Ke-112 Universitas Negeri Padang, Rektor Prof Ganefri, PhD baru pertama kali memasangakan Cape Perawat kepada mahasiswa Diploma3 Keperawatan. Setelah dilakukan pengambilan janji perawat.

"Perawat merupakan suatu profesi di bidang kesehatan yang sangat mulia dan terhormat. Kehadiran seorang perawat mempengaruhi proses penyembuhan penyakit pada setiap klien. Menjadi seorang perawat merupakan suatu pilihan hidup, bahkan bagi sebagian orang menjadi seorang perawat adalah cita-cita besar yang ingin dicapai. Untuk itu,  pemasangan Cape Perawatan penuh makna juga bagi mahasiswa D3 Keperawatan," ujar Prof Ganefri usai memasang cape perawat kepada puluhan mahasiswa D3 Keperawatan didampingi Dekan FIK UNP, Dr Zalpendi di Auditorium UNP, Senin (17/9).

Sementara itu Ketua Prodi D3 Keperawatan, Nilmasari menjelaskan sebelum pengambilan sumpah profesi perawat, untuk jenjang Sarjana sendiri ada pengambilan sumpah sebagai mahasiswa praktik keperawatan. Sumpah tersebut merupakan tolok ukur bagi pengambilan sumpah profesi perawat saat mereka melanjutkan ke program profesi, dimana mereka diambil janjinya sebagai mahasiswa praktik yang bisa memberikan pelayanan kepada pasien dan menghormati guru-guru yang ada, baik yang ada di lapangan maupun di akademik.

“Ini baru kali pertama Pak Rektor UNP memasangkan Cape Perawat dan dilanjutkan pengambilan sumpah sebagai seorang perawat,” tambah Nilmasari.

Selanjutnya, dikatakan Nilmasari, mahasiswa D3 Keperawatan UNP itu akan langsung terjun ke lapangan. Karena beberapa waktu lalu D3 Keperawatan UNP telah melakukan kerjasama dengan instansi-instansi atau daerah-daerah yang masih membutuhkan tenaga perawat. 

Nilmasari berharap agar perawat lulusan UNP dapat menjadi perawat yang profesional, yang bukan saja memiliki pengetahuan yang baik, juga memiliki keterampilan yang baik.

 “Selain itu, perawat pun ditekankan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik, karena sekarang perawat itu benar-benar dihadapkan dengan masyarakat. Tujuannya pun betul-betul ingin melayani pasien dengan baik dan ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” harap Nilmasari. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment