Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Lulusan D3 Keperawatan Universitas Negeri Padang disamping memanfaatkan banyaknya jumlah rumah sakit umum di Indonesia untuk lapangan pekerjaaan, juga memanfaatkan lapangan kerja di luar negeri.

"Dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) tenaga kerja keperawatan dibutuhkan 2 juta/pertahun, lulusan D3 Keperawatan FIK UNP mesti melihat prospek itu,"Kata Rektor UNP saat diwawancarai usai pengambilan sumpah perawat dan pelantikan 76 perawat di Auditorium UNP, Sennin (17/9).

Ia mengatakan bahwa Prodi D3 Keperawatan sudah menyiapkan lulusannya dengan kepribadian yang melayani, rajin ulet dan sigap guna menjadi seorang perawat profesional dan benar-benar mengabdi kepada masyarakat.

"Saya yakin lulusan D3 Keperawatan UNP selalu ditekankan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik, karena sekarang perawat itu benar-benar dihadapkan dengan masyarakat," ungkap Prof Ganefri.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium UNP, Senin (17/9) ini dipimpin langsung oleh Ketua PPNI Sumbar, Happy Sasmita, M.Kep, Sp.Jiwa disaksikan Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD.

Ketua Prodi D3 Keperawatan UNP, Nilmasari mengungkapkan, pengambilan sumpah ini merupakan tahap akhir dari perjuangan para lulusan sebagai perawat yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Oleh karena itu, sumpah tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab lulusan sebagai seorang perawat.

Dikatakannya, pengambilan sumpah ini bertujuan untuk mengembankan tanggung jawab profesi perawat kepada para lulusan agar ketika dihadapkan langsung ke masyarakat, para lulusan dapat menjadi perawat yang bertanggung jawab.
“Setiap mereka yang lulus dari jenjang profesi, sebelum masuk ke lapangan mereka harus diambil dulu sumpahnya sebagai perawat. Agar, pada saat turun ke lapangan, mereka pun betul-betul memiliki komitmen bahwa mereka ingin menjadi perawat profesional yang betul-betul bertanggung jawab terhadap dirinya, profesinya, maupun terhadap Tuhannya masing-masing,” ujar Nilmasari saat ditemui usai pelaksanaan kegiatan. 

Nilmasari mengatakan bahwa momentum wisuda perdana D3 Keperawatan UNP sudah sesuai harapan. Ditengah 3000-an lebih wisudaawan UNP terdapat sebanyak 76 orang lulusan D3 Keperawatan. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment