Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD dan para senat universitas ziarah di Makam Almarhum Mahaputra Prof H Muhammad Yamin di Talawi Sawahlunto, Jumat (26/10).

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka Dies Natalis Ke-64 UNP dan turut diikuti oleh Dharmawanita UNP, yang sebelum ke makam Mahaputra M Yamin rombongan Rektor UNP juga singgah ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam, dimana disana rombongan Rektor UNP menziarahi pusara Alm Prof H Djamil Bakar, Prof Dr Jakub Isman dan Dr Mohd Ansyar.

Seperti diketahui Pencetus Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 Muhammad Yamin juga adalah tokoh pendiri Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Batusangkar 1954.

Di saat menjabat Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan (1953-1955) Alm M Yamin atas dukungan Presiden Soekarno kala itu mendirikan PTPG Malang, PTPG Bandung, PTPG Batusangkar dan PTPG Tondano, Sulut.

Ganefri berharap di hari jadi UNP Ke-64 dapat memberikan tri dharma perguruan tinggi dan pengabdian masyarakat yang lebih baik. Apalagi, Ganefri mengklaim bahwa setelah visi dan misi UNP dapat diimplementasikan yakni menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara berarti UNP sudah selangkah lagi menuju global university.
 "Pada Dies Natalis Ke-64, semoga silahturahmi dan pelayanan lebih baik," katanya.

Kunjungan ziarah ke makam pahlawan nasional itu berlangsung cukup singkat usai menabur bunga dan berdoa, rombongan Rektor UNP itu menuju Kediaman Bupati Tanah Datar.

Sesampai di Batusangkar, rombongan Rektor UNP ziarah lagi  ke pusara Alm Prof Zaianuddon St Kerajaan di Tanah Datar. 

Beberapa mantan Rektor dan guru besar UNP juga hadir, di antaranya Prof Z Mawardi Efendi, Nizwardi Jalinus, para Wakil Rektor dan para Dekan. Rombongan juga menabur bunga dan memanjatkan doa di pusara empat mantan pimpinan universitas itu. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment