Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Untuk meningkatkan investasi dan kemajuan daerah Sumatera Barat, pemerintah provinsi bersama Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) mengadakan Forum Investasi Sumatera Barat dengan thema; Peningkatan Investasi Melalui Pengembangan Sektor Pariwisata di Sumatera Barat, di Hotel Bumiminang, Senin, 29 Oktober 2018.

“Ada satu presepsi antar kita khususnya para pengelola ijin investasi yang akan masuk. Saya tekankan, investasi itu penting bagi kemajuan daerah kita, investasi itu penting untuk meningkatkan pendapatan rakyat kita, investasi itu penting untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran untuk daerah kita,” ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Gubernur juga meminta satu persepsi bahwa investasi itu penting dan perlu untuk daerah. “Sehingga kalau ada diantara kita yang memperlama-lama, melambat-lambat atau menyusah-nyusahkan itu merupakan kesalahan besar,” ujar Irwan Prayitno.

“Ketika kita berinvestasi itu banyak keluhan dari pihak ketiga yang ingin berinvestasi yaitu datanya tidak akurat. Untuk efektifnya kita menjual suatu peluang itu mesti dengan data, dan datanya masih kurang, itu merupakan satu kelemahan,” ujar Irwan Prayitno.

Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Maswar Dedi menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memonitor dan mengatasi permasalah dalam kegiatan penanaman modal serta mencari solusi yang terbaik dalam peningkatan dan pengembangan investasi di Sumatera barat terutama di sektor pariwisata.

Lanjutnya, sektor pariwisata merupakan sektor yang strategis dalam pergerakan perekonimian di Indonesia dan menjadi bagian dari perekonomian global.

Berlangsungnya revolusi 3T (telecommunication, Transportasion, Tourims) menunjukan bahwa investasi periwisata telah menjadi salah satu kekuatan yang mampu mempercepat penyatuan dunia dalam integrasi ekonomi dan peraga manusia di lintas daerah, dan bahkan lintas negara.

Sehingga, kata Maswar, perlu secara bersama mendorong pertumbuhan investasi di pariwisata ini khususnya di Sumatera Barat dengan berbagai pariwisatanya yang beragam.

Dalam forum investasi Sumatera Barat 2018 ini di alokasikan peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari pejabat dinas penanaman modal PTSP Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas PTSP Kabupaten Kota, dan pelaku usaha atau perusahaan yang berminat dan telah berivestasi di sektor pariwisata Sumatera Barat karena perlu dibangun sirgenitas antar pihak baik pemerintah maupun swasta untuk terus membangun sektor pariwisata ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghimpun berbagai data dan informasi yang penting yang dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan di daerah dalam rangka menciptakan investasi yang kondusif terutama investasi di sektor pariwisata. (fardi)

Post a Comment