Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Padang)---Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri memaparkan kesiapan universitas yang dipimpinnya menjadi global university dimungkinkan karena tersedianya  beberapa formula, pemaparan itu dalam pidatonya pada rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis Ke-64, Selasa (23/10).

Prof Ganefri menyampaikan bahwa UNP saat ini mempunyai 8 fakultas dan 1 Program Pascasarjana dan tahun 2018 ini, terjadi penambahan satu  fakultas lagi, dengan telah disetujuinya oleh Kemenristekdikti pembukaan Fakultas Pendidikan Psikologi.

Jumlah program studi yang dimiliki UNP saat ini sebanyak 101 termasuk Pendidikan Profesi. Program studi yang telah berakreditasi A sebanyak 33, dan sebanyak 48 berakreditasi B.  

"Bahkan memperoleh 5 program studi bersertifikasi Internasional yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Kimia, dan Manajemen," ujarnya.

Usaha UNP untuk menuju perguruan tinggi yang bertaraf internasional, lanjut Prof Ganefri merupakan sebuah komitmen yang sudah dirintis, dirancang dan dipersiapkan sejak lama secara komprehensif dan partisipatif. Dengan semakin berkembangnya kompetisi dan kesadaran terhadap pentingnya mutu dan profesionalisme, sejalan dengan telah diperolehnya Akreditasi Institusi A sejak akhir tahun 2016, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka langkah progress berikutnya adalah UNP menuju global university.
"Upaya UNP menuju global university telah dilaksanakan secara serius dan matang, didukung oleh segenap sumber daya, serta memperhitungkan tantangan dan peluang di masa depan. Secara holistik, program menuju universitas bertaraf internasional haruslah dipandang sebagai bagian dari strategi nasional bangsa untuk mampu bersaing secara global," ucapnya

Selain itu, mengacu pada Visi UNP “Menjadi salah satu universitas unggul di kawasan Asia Tenggara di bidang ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni pada tahun 2020 berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa” tentu harus diimplementasikan dengan strategi yang tepat dan terukur. Jika dikaji secara mendalam visi tersebut menyiratkan cita-cita UNP menjadi Global University dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, UNP perlu menyiapkan berbagai persyaratan untuk mewujudkan visi tersebut. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment