Ads (728x90)

PADANGPOS>COM (Padang)---Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Pemerintahan Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk menciptakan desa hijau dan mandiri, khususnya menghasilkan Mikro Hidro dan Sel Surya dan Peningkatan Sistem Irigasi.

Koordinator Pengabdian Prodi Megister (S2) Fisika FMIPA UNP di Muaro Paneh, Dr Hamdi mengatakan pembimbing masyarakat Nagari Muaro Paneh dalam membuat PLTA Mikro Hidro telah diupayakan, agar Nagari Muaro Paneh kelak menjadi Nagara Masa Depan di Kabupaten Solok.

"Sosialisasi Desa Hijau atau Desa Mandiri, diantaranya pembimbingan masyarakat dalam membuat PLTA Mikro Hidro dan pembuatan empang dari batang Lembang sebagai sumber air telah kami lakukan," ujar Dr Hamdi, Selasa (16/10)

Menurutnya, untuk membuat PLTA Mikro, tim melakukan pengabdian pada awal bulan Juni lalu. Para anggota tim Dr. Dr Ramli, Dr Sukardi, Dr. Yulhendri, Syafriani PhD, melakukan presentasi dan diskusi tentang sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang kehidupan sehari-hari, yang melibatkan masyarakat dan pemerintahan nagari Muaro Paneh.

Permasalahan Nagari Muaro Paneh seperti dikatakan Dr Ramli adalah tidak berfungsinya sumber daya nagari berupa kincir air yang memanfaatkan energi kinetik air dan banyaknya lahan sawah yang kurang produktif disebabkan letak sawah yang cukup jauh dari sumber air dan tidak berfungsinya irigasi.

Disamping itu diungkapkannya, banyaknya keramba-keramba di sungai Batang Lembang yang dapat mencemari air sungai yang lama kelamaan bisa menyebabkan kerugian yang menyeluruh bagi masyarakat di DAS Batang Lembang. 

"Solusinya mengaktifkan kembali irigasi di Nagari Muaro Paneh. Dengan baiknya irigasi, kincir air, sawah dan kolam dapat diaktifkan kembali sehingga kebutuhan air tercukupi. Sawah, kolam ikan bisa lebih produktif dan bisa dibuat Mikro hidro sebagai sumber energi terbarukan," ujar Ramli

Sementara itu Dr. Yulhendri menambahkan dengan adanya PLTA Mikro Hidro di Nagari Muaro Paneh akan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu akan mengurangi pencemaan air di sungai sehingga masyarakat Muaro Paneh bisa hidup lebih sehat. 

Selanjutnya, Nagari Muaropaneh akan dipersiapkan untuk menjadi nagari yang mandiri energi, hijau, tujuan wisata air dan peninggalan budaya kincir air dengan sub usaha pertanian dan ikan lele. 

"Jika ini dapat berjalan dengan baik, sumber mata pendapatan masyarakat Nagari Muaropaneh dapat ditingkatkan dan kesejahteraan masyarakat juga dapat ditingkatkan," ujarnya. (Humas UNP/Agusmardi)

Post a Comment